Yang Lagi HOT!

Posted by : JIM Kamis, Februari 09, 2012

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Kali ini saya akan menjelaskan bagaimana cara mengembalikan account facebook yang sudah terlanjur terbobol, tetapi sebelum itu, sebaiknya bagi anda yang belum membaca postingan saya sebelumnya mengenai TIPS MENCEGAH PEMBOBOLAN ACCOUNT FACEBOOK, silahkan baca terlebih dahulu untuk lebih waspada.

Ada beberapa teman saya yang meminta untuk memberitahu mereka bagaimana cara mengembalikan account facebook mereka yang sudah terlanjur terbobol. Ya, karena jika saya yang benarin, harus sabar dulu, karena saya juga banyak kerjaan, dan juga belum tentu bisa, bukan? Yah... sebenarnya caranya sih mudah. Tetapi, tergantung, mau atau enggan. Untuk itu, kali ini saya akan share sedikit tips-tips untuk membenahinya.

Seperti yang pernah saya ceritakan sebelum-sebelumnya, ada beberapa teman saya yang meminta untuk membenahi account facebook mereka, tetapi juga tidak jarang meminta saya untuk membalik membobol account facebook mereka. Tetapi kali ini saya akan mempertegas bahwa itu TIDAK BISA. Ya, benar-benar tidak bisa. Seperti yang saya ceritakan pada postingan sebelumnya bahwa biasanya Cracker yang memasang ”umpan” mereka, akan menunggu mangsa yang tertangkap, jika sudah dapat, maka yang mereka bisa mengambil alihnya. Artinya, biasanya Cracker yang membobol account facebook tersebut memperolehnya secara random. Tidak bisa menentukan akan membobol facebook siapa, selama “umpan” tak termakan ya tidak bisa. Jadi, tidak bisa kita membobol secara terfokus. Kalau pun ingin, kemungkinan terbesar yang melakukannya adalah orang terdekat, dan caranya pun setidaknya akan hampir sama dengan penjelasan saya berikut ini. Setidaknya itulah yang saya ketahui.

Baiklah, langsung saja saya jelaskan bagaimana cara mengembalikannya. Tips-tips untuk mengembalikan account facebook kali ini akan disesuaikan dengan situasi dan kondisi. Dan berikut ini tips-tipsnya.



TIPS #1 | KEJADIAN #1
Account facebook sudah terbobol, tetapi e-mail masih aman. Ini adalah kondisi dan situasi yang paling mudah untuk mengatasinya. Berikut ini tips-tipsya :
1. Buka account e-mail anda.
2. Masuk ke inbox (kotak masuk) anda.
3. Perhatikan e-mail yang telah masuk. Dan cari e-mail seperti di bawah ini:
4. Buka e-mail tersebut, hingga terbuka seperti pada gambar berikut.
5. Kemudian klik saja link yang tampak seperti pada gambar yang dilingkari tersebut.
6. Dan ikuti saja kemana link tersebut membuat anda. (anda akan dibawa ke menu recover facebook. Ikuti petunjuk yang diberikan oleh facebook untuk memulihkan account anda.)
Ya, sisanya lakukan saja sendiri. Anda sekalian tinggal ikuti saja petunjuk facebook tersebut.



TIPS #2 | KEJADIAN #1
Situasi kali ini sama seperti sebelumnya. Tetapi jika anda tidak mendapatkan e-mail seperti di atas atau anda ingin melakukannya dengan cara yang lain. Maka anda bisa melakukan langkah-langkah berikut ini:
1. Buka account e-mail anda.
2. Buka tab baru dan masuk ke web facebook.
3. Klik lupa password yang ada seperti pada gambar. 
4. Kemudian tinggal ikutin saja langkah berikutnya seperti petunjuk yang diberikan oleh facebook.
5. Anda akan dibawa ke bagian reset password. Kemudian segera klik Send code.
Ingat! Yang tulisannya Send codes and login to Yahoo. Bukan yang saya lingkari

6. Masuk ke account e-mail anda.
7. Masuk ke inbox.
8. Cari dan buka e-mail yang berisi permintaan password baru facebook.
 9. Copy code yang diberikan.
Kodenya seperti yang saya lingkari dengan lingkaran biru.
 10. Masuk kembali ke tab facebook anda.
11. Paste-kan code sebelumnya ke kotak yang diberikan.
12. Masukkan password baru anda. Dan ingat! Gunakan password yang sulit ditebak.
13. Jika sudah... ya sudah... anda bisa menggunakan account facebook anda lagi dengan password yang baru.
Di sini, mungkin anda memang bisa mendapatkan password baru anda dengan segera. Tetapi ada kemungkinan juga pihak facebook akan meminta hal keamanan lainnya. Seperti, mungkin anda akan diminta untuk mengidentifikasikan teman facebook anda, atau dimintai mengirimkan nomor telepon anda, atau sebagainya. Mungkin pihak facebook melakukan hal ini untuk berjaga, karena maraknya kasus pembobolan seperti ini. Yang pasti ikuti saja langkah yang diminta.



TIPS #3 | KEJADIAN #2
Account facebook dan e-mail sudah terbobol, tetapi kode keamanan, setting-an dan data-data dalam e-mail belum diganti. Seperti yang sudah saya beritahukan sebelumnya, dan sudah peringatkan pada postingan TIPS MENCEGAH PEMBOBOLAN ACCOUNT FACEBOOK, bahwa e-mail itu penting!!! Anda harus selalu berhati-hati dengan e-mail anda. Ya, karena jika e-mail anda sudah terbobol, maka untuk mengembalikan account facebook anda juga akan lebih sulit. Tetapi jika kejadiannya sudah seperti ini, maka untuk mengembalikannya, ikuti saja langkah-langkah berikut :
1. Masuk ke url e-mail anda.
2. Klik permintaan bantuan seperti pada gambar. 

3. Ikuti langkah-langkah yang diberikan. Biasanya anda akan diminta menjawab pertanyaan keamanan yang telah anda isi sewaktu mendaftar account e-mail.
4. Jika anda sudah mendapatkan account e-mail anda kembali, segera buka tab baru dan masuk ke web facebook.
5. Setelah itu sisanya mudah. Seperti pada tips sebelumnya.



TIPS #4 | KEJADIAN #3
Account facebook dan e-mail sudah diganti, serta kode keamanan dan seluruh setting-an maupun data sudah diganti. Ini kondisi paling parah. Jika sudah sampai seperti ini, sulit untuk mengembalikannya. Dan saya juga tidak bisa memberikan alternatif terbaik untuk kondisi yang seperti ini. Tetapi bukan berarti tidak bisa dikembalikan lagi, karena sepengetahuan saya, masih bisa kok untuk dikembalikan dalam hitungan jam, walaupun saya masih belum mengetahui caranya. Saya mengatakan masih bisa dikembalikan, karena dulu saya pernah baca artikel di internet, ini menurut pengakuan si pembobol sendiri. Katanya dia (si pembobol) pernah membobol account facebook dan e-mail seseorang, beserta seluruh data pada facebook maupun e-mailnya sudah ganti, termasuk data-data keamanan itu. Tetapi anehnya, menurut pengakuannya, dalam hitungan beberapa jam, account orang yang dibobolnya itu sudah berhasil kembali beralih pihak (kembali ke pemiliknya). Si pembobol sendiri belum mengetahui caranya. Yah... apalagi saya. Tetapi dengan itu, sudah jelas bahwa account dalam kondisi ini masih bisa dikembalikan. Ya, walau saya belum tahu. Jadi bagi yang tahu, tolong share yah...
Tetapi, saya juga pernah disuruh teman saya untuk mengembalikan account facebook-nya yang dalam kondisi seperti ini. Waktu itu, secara tidak sengaja saya bisa mengembalikannya. Tetapi cuma account facebook-nya saja, tidak termasuk e-mailnya. Loh... gimana caranya? Bagi yang penasaran, caranya mudah kok. Hanya mengalihkan e-mail yang ada pada facebook. Eits.... tapi tunggu dulu. Walau caranya mudah, tetapi tingkat keberhasilannya saya tidak menjamin. Karena waktu itu hanya keberuntungan saja. Karena setelah itu, ada juga anak lain yang meminta dengan kondisi yang sama. Tetapi gagal. Alias enggak berhasil. Yah... tetapi hanya sekedar share. Siapa tahu jika anda mencoba bisa beruntung. Bagi yang ingin tahu, ikut langkah-langkah berikut.
1.      Masuk ke web facebook seperti biasa.
2.      Klik lupa password seperti pada tips nomor dua.
3.      Kemudian ikut langkahnya seperti tips nomor dua hingga masuk ke bagian reset password.
4.      Jika sudah, jangan klik Send Code. Tetapi klik saja tulisan di bawah e-mail/ nomor telepon anda.
Seperti yang saya lingkari dengan warna merah.
5.      Buka tab baru dan masuk ke web e-mail.
6.      Buat e-mail baru.
7.      Kembali ke tab facebook anda.
8.      Nah... di bagian itu masukkan e-mail baru anda.
9.      Jika anda beruntung. Maka anda akan kembali ke bagian reset password. Dan anda telah sukses memasukkan e-mail baru ke account facebook anda.
10.  Hilangkan tombol centang pada bagian e-mail lama anda.
11.  Kemudian baru klik Send Code.
12.  Dan sisanya akan sama seperti tips nomor dua.
Yah... intinya tips yang ini hanya untuk mengembalikan account facebook anda. Tetapi TIDAK pada e-mail anda.

TIPS #5 | KEJADIAN #3
Yah... ini langkah terakhir jika tips nomor empat gagal. Maka, satu-satunya cara adalah berserah diri kepada Allah SWT. Eh, tidak, tidak, masih ada cara lain. Jika anda merasa account facebook anda itu penting dan tidak ingin disalahgunakan oleh pihak lain, maka langkah terakhir anda adalah meminta bantuan kepada pihak facebook. Ya, anda bisa menggunakan jalur komplain facebook seperti :
Yah... untuk yang ini mungkin tak berarti... So, jika punya tips yang lebih bagus, share yapz....

Sekian saja tips-tips dari seorang newbie seperti saya ini. Jika bisa membantu, ya syukur. Tetapi jika tidak, ya SYUKUR juga. Hehe....
Baiklah, intinya, cara tips yang saya berikan untuk mengembalikan account facebook ini adalah tips murahan. Hanya menggunakan fitur bantuan yang telah disediakan facebook maupun e-mail. Jadi, jika pembaca sekalian memiliki tips yang lebih bagus dan lebih ampuh lainnya, tolong di share yah...
Thanks....


Nb : Gambar2nya saya dapatkan sewaktu membenahi facebook teman saya. Maka dari itu datanya saya rahasiakan.

{ 4 Comments... read them below or Comment }

  1. Waah perlu di coba nihh kayaknya mas gan,

    BalasHapus
  2. @LombokGuide : silahkan sob...

    BalasHapus
  3. wih,tx y uda kasi tw tipsx buat jaga2 ya jal,hahahaha...
    Nab, KKM

    BalasHapus
  4. eh, iya Nab... sama-sama...

    btw taw blogku darimana? FB? kalo yg satunya tuh punya mas ku loh ya..

    BalasHapus

- Copyright © ShadowZ Space - Date A Live - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -