Yang Lagi HOT!

Posted by : JIM Selasa, Maret 03, 2015

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh...

sumber gambar
Jepang, sebagai Negara yang memiliki keeksotisan budaya dan pemandangannya, memang seringkali menarik perhatian banyak orang di luar Jepang. Terlebih lagi, masyarakatnya yang berpikiran maju dalam teknologi dan pendidikan, namun masih menjunjung tinggi budaya luhur bangsanya, menjadikan negeri ini dikenal sebagai negeri yang begitu menginspirasi. Sehingga bukanlah sesuatu yang mengherankan bila banyak orang yang ingin dapat mengunjunginya, baik untuk sekadar wisata ataupun menuntut ilmu. Nah, begitu pula dengan saya, yang memiliki impian besar untuk dapat menuju ke sana. Kalau pada postingan yang lalu saya sudah pernah menceritakan keinginan saya ke sana dengan tujuan pendidikan, maka kali ini saya akan kembali menceritakan mengenai impian saya untuk ke Jepang, namun dengan tujuan untuk berwisata alias liburan.

Sebagai orang Indonesia tulen yang telah lama merasakan hembusan dua musim di Indonesia, dapat merasakan suasana musim yang berbeda itu rasanya sesuatu banget. Maklum lah, kan terlalu cinta dengan Indonesia, makanya belum pernah sekalipun meninggalkan negeri tercinta ini (alasan :p). Jadi, kalau bisa berlibur ke Jepang dan merasakan aroma musim yang berbeda, khususnya aroma musim salju yang tidak pernah dirasakan di Indonesia, pasti menjadi momen dan kenangan yang berkesan banget. Nah, kalau di sini saya boleh berkhayal tentang bagaimana perjalanan liburan yang ideal bagi saya, maka berikut inilah rencana liburan musim dingin dalam khayalan saya.

PERSIAPKAN PAKAIAN WINTER DI INDONESIA
sumber gambar
Bagi orang yang sudah terbiasa hidup di negeri dua musim, terutama di daerah perkotaan yang panas, suhu musim dingin di Jepang pasti akan membuat saya tidak akan tahan untuk menghadapinya. Lah wong pergi ke puncak pegunungan saja sudah terasa dingin sekali. Jadi, hal yang paling ideal pertama bagi saya untuk bisa menikmati liburan musim dingin di Jepang adalah dengan mempersiapkan berbagai pakaian yang dapat menghangatkan saya untuk menghadapi musim dingin. Dan untuk berbelanja pakaian musim dingin ini, akan saya lakukan di Indonesia saja. Jika ada yang bertanya, “Kenapa tidak membelinya di Jepang saja agar bisa menyesuaikan dengan tren Jepang?” Jawabannya mudah, untuk penghematan. Kalian tahu sendiri harga barang-barang di Jepang, bukan? Terlebih lagi, bila berbelanja pakaian winter-nya di pusat perbelanjaan Ginza Tokyo yang mungkin pakaian-pakaian di sana memang sangat cocok dan trendi, tetapi harga di sana itu loh… ampun dah. Kalau bagi mahasiswa yang kehidupan ekonomi terbatas bagi saya, tren itu nomor sekian, yang penting manfaatnya dahulu. Lagipula, banyak kok pakaian-pakaian winter yang bagus tetapi murah yang di jual di pasar-pasar di kota-kota metropolitan Indonesia kok.

PERSIAPKAN JUGA JR EAST
Setelah persiapan untuk kebutuhan sehari-hari telah siap, hal selanjutnya yang saya pikirkan adalah mengenai transpornya nanti ketika berada di Jepang. Tetapi, untungnya saya tidak perlu bingung memikirkan, karena sekarang ada Tokyo Rail Days Indonesia. Jadi, saya bisa memesan tiket JR East (East Japan Railway Company) dengan mudah dan cepat. Untuk kalian yang suka dengan Jepang, pasti sudah tahu tentang JR East ini, bukan? Ya, sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa perkeretaapian terbesar yang termasuk ke dalam kelompok JR (Japan Railway), yang mana jaringan/ aksesnya tersebar luas dan dapat digunakan pada banyak kereta yang berada dalam jalur pengelolaannya, bahkan bukan hanya kereta api, tetapi juga bus, monorel, hotel, dan pusat perbelanjaan. Sehingga hal ini pastinya akan sangat memudahkan saya selama perjalanan di Jepang.

MELIHAT TOKYO DARI SKYTREE
sumber gambar
Nah, berbekal tiket JR East yang telah saya dapat dari Tokyo Rail Days ini, tujuan pertama saya setelah berada di bandara Narita adalah menuju Tokyo. Ada satu tempat di Tokyo yang ingin saya kunjungi pertama kali untuk bisa melihat ke seluruh penjuru Tokyo. Ya, tempat itu adalah Tokyo Skytree. Pasti saya akan benar-benar berada di Jepang (lebih tepatnya Tokyo) jika bisa melihat berbagai belahannya ini dari ketinggian yang luar biasa.

MEMOTRET PANORAMA GUNUNG FUJI
sumber gambar
Dari Tokyo Skytree, tujuan saya selanjutnya, sekaligus dengan menikmati pemandangan kota Tokyo dari dalam kereta, adalah Gunung terkenal di Jepang, yaitu Fuji. Seperti kebanyakan kata orang yang pernah saya dengar, “Belum disebut berkunjung ke Jepang bila belum mengunjungi Gunung Fuji”. Oleh karenanya, saya ingin mengabadikan panorama-panorama indah di sekitar Gunung Fuji untuk setidaknya sebagai bukti bahwa saya pernah menginjakkan kaki di tanah Jepang :p. Yah, walau saya tahu, musim dingin bukanlah saat yang tepat untuk mengunjungi Gunung Fuji, karena beberapa stage (titik pemberhentian) di Gunung Fuji ditutup untuk umum, sehingga mungkin saya tidak akan bisa menempuh Gunung Fuji terlalu jauh. Apalagi bila Gunung Fuji tertutup oleh kabut tebal, sehingga tidak bisa dilihat dengan jelas dan saya pun tidak dapat mengambil gambar yang bagus dari Gunung Fuji. Tetapi bagaimanapun, saya tetap ingin mengunjungi Gunung Fuji di musim dingin walau nantinya akan menghadapi tantangan sulit.

MENJELAJAHI TOKYO DAN SEKITARNYA
Beranjak dari Gunung Fuji, rencana saya selanjutnya adalah untuk berkeliling ke tempat-tempat di sekitar kota Tokyo untuk menikmati dan mengagumi suasana di kota megah ini. Terlebih lagi, setelah melihat-lihat pemandangan dari Sky Tree, pasti ada beberapa tempat yang membuat saya heran dan penasaran, hingga ingin mengunjungi tempat itu secara langsung. Jadi, saya akan menuju ke tempat-tempat menawan yang membuat saya penasaran ketika melihatnya dari Sky Tree untuk melihatnya secara langsung dan mengabadikannya ke dalam kamera saya. Apalagi dengan adanya Tokyo Rail Days, penjelajahan saya mengelilingi kota Tokyo pasti akan menjadi mudah dan cepat. Di antara tempat-tempat di Tokyo yang ingin saya kunjungi, yaitu Shibuya, Harajuku, Akihabara, dan mungkin beberapa tempat lainnya yang akan saya ketahui setelah menapaki puncak Sky Tree. Kemudian, setelah berkeliling di sekitar kota Tokyo, saya mungkin akan mencari tempat penginapan di pinggiran kota Tokyo. Karena bila di pusat kota Tokyo, pasti harga menginapnya mahal sekali. Jadi, demi penghematan, saya akan mencari ke tempat-tempat yang sedikit keluar kota Tokyo dan harga menginapnya untuk sehari adalah murah. Maklum lah, kan mahasiswa, jadi perhitungan. :p

MENIKMATI FESTIVAL SAPPORO
sumber gambar
Beralih dari pulau Honshu, tidak lengkap rasanya bila liburan musim dingin, saya tidak mengunjungi sebuah pulau yang identik dengan salju. Kalian pasti sudah tahu pulau yang saya maksudkan. Ya, tujuan saya selanjutnya di hari berikutnya adalah menuju ke Hokkaido. Dan tempat yang akan pertama kali saya kunjungi di Kota Salju ini adalah tempat yang terkenal bila menginjak bulan Februari. Bagi kalian Para Pecinta Jepang, pasti tahu dong ada apa di ibukota Hokkaido setiap bulan Februari. Adalah sebuah festival salju paling populer yang terletak di Sapporo, ibukota Hokkaido, yang berlangsung selama seminggu di bulan Februari (sekitar 5-11 Februari).
sumber gambar
Di sini, saya akan bisa menikmati sekaligus mengabadikan berbagai patung salju raksasa dengan pahatan luar biasa keren. Saya tidak menyangka bagaimana sebuah salju dapat dipahat sedemikian rupa hingga bisa berbentuk patung raksasa dengan setiap detailnya. Hanya melihat, membuat saya menjadi penasaran dan ingin menyentuh setiap detail dari bagian patung tersebut. Secara, saya merupakan pecinta karya seni rupa. Di pameran lukisan saja, seringkali saya meraba-raba lukisan-lukisan yang membuat saya kagum dan penasaran, apalagi patung raksasa mengagumkan ini.

BERISTIRAHAT DI PENGINAPAN
Setelah puas menikmati festival Sapporo, mungkin saat itu sudah larut malam, karena perjalanan dari Tokyo ke Hokkaido saja membutuhkan waktu hampir sekitar 10 jam menggunakan kereta dan dalam menikmati festival Sapporo, saya pasti betah berlama-lama di sana. Jadi, setelah puas dengan festival Sapporo, tidak ada pilihan lain bagi saya selain menginap ke sebuah hotel, atau bila ada, ya penginapan murah. Saya memang tidak punya referensi tentang tempat penginapan ini, jadi di sini saya tidak akan membicarakannya. Yang pasti, saya pasti akan mencari tempat penginapan yang murah. :p

MENGUNJUNGI TAMAN NASIONAL
Keesokan paginya, mungkin saya akan kembali menikmati kemeriahan festival Sapporo, tetapi akan terasa mubazir bila jauh-jauh ke Hokkaido hanya untuk menikmati satu wisata. Jadi, selagi masih berada di Hokkaido, menikmati keindahan alam dari pulau ini adalah suatu hal mutlak. Terlebih lagi, dengan Hokkaido yang memiliki banyak taman Nasional. Bagi seorang pecinta alam seperti saya, akan menjadi hal yang menyesalkan bila saya sampai melewatkan untuk melihat-lihat taman nasional yang ada di Hokkaido ini. Jadi, tentu saja, keputusan saya selanjutnya adalah mengabadikan keindahan alam yang ada di Jepang dan mengeksplorasi ke taman-taman Nasional yang ada di sana. Untuk memuaskan birahi saya dalam menikmati keindahan alam Hokkaido, mungkin butuh waktu seharian penuh berada di pulau Hokkaido ini. Jadi, saya memutuskan untuk menetap lagi sehari di penginapan di pulau Hokkaido.

BERENDAM DI ONSEN
sumber gambar
Keesokan paginya, sebelum kembali ke kota Tokyo, saya akan meluangkan waktu sejenak untuk kembali ke salah satu taman nasional di Hokkaido, yaitu Daisetsuzan National Park. Namun kali ini, tujuan utama saya ke taman nasional ini adalah untuk menikmati kehangatan Onsen (Air Panas) di Tokachidake Onsen, sekaligus menikmati pemandangan menakjubkan pegunungan Tokachidake ketika memasuki musim dingin. Dan kalaupun tidak bisa di Tokachidake Onsen, setidaknya bisa berendam sejenak di Onsen lainnya. Ya bisa dibilang, mandi dulu lah sebelum kembali melanjutkan aktivitas liburan.

MENCARI OLEH-OLEH KHAS HOKKAIDO
sumber gambar
Setelah tubuh kembali segar dan sudah kembali bersemangat, selanjutnya, saya tidak akan lupa untuk membeli beberapa oleh-oleh khas Hokkaido terlebih dahulu. Ada satu oleh-oleh khas dari Hokkaido ini yang sangat saya inginkan. Yaitu, sebuah coklat putih yang dibalut dengan panganan berupa kue lidah kucing, yang tidak lain dan tidak bukan itu adalah Shiroi Koibito. Maklum, saya sangat suka dengan coklat. Makanya kalau tahu ada coklat khas dari suatu daerah, saya pasti ingin membelinya. Jadi, jelas tujuan saya selanjutnya sebelum meninggalkan Hokkaido adalah berkunjung ke tempat pembuatan kue di Sapporo, Hokkaido. Selain untuk membeli kue coklat unik ini, saya juga bisa melihat berbagai koleksi mainan, alat musik, poster-poster, benda-benda seni, dan melihat langsung pembuatan Shiroi Koibito di pabrik kue yang sekaligus berfungsi sebagai taman dan museum ini.

MENGHABISKAN WAKTU DI SNOW RESORT
Setelah puas dengan keindahan Hokkaido, dengan berat hati saya akan kembali merasakan perjalanan panjang dengan kereta menuju Pulau Honshu. Sebelum liburan musim dingin saya di Jepang berakhir, saya akan menghabiskan waktu dalam beberapa hari selanjutnya untuk menikmati liburan ini di sebuah Snow Resort. Saya yang sudah sejak dahulu bercita-cita dapat bermain ski, pasti tidak akan melewatkan kesempatan untuk dapat bermain ski di Jepang. Jadi, inilah yang menjadi tujuan akhir dan utama dari liburan musim dingin saya di Jepang. Dan Snow Resort yang saya ingin kunjungi untuk menghabiskan masa liburan dan rekomendasikan untuk kalian semua bila berkunjung ke Jepang adalah Gala Yuzawa. Kenapa saya menyarankan Gala Yuzawa? Setidaknya ada beberapa hal yang perlu diperhitungkan. Terlebih lagi, karena sebelumnya saya sudah memiliki tiket JR East dari Tokyo Rail Days, sehingga ada beberapa keuntungan besarnya. Di antaranya, jaraknya yang tidak jauh dari pusat kota, Tokyo, yaitu hanya 77 menit menggunakan shinkansen (kereta) dari stasiun Tokyo, dan dengan JR East dari Tokyo Rail Days, saya juga bisa akses langsung menuju Gala Yuzawa Resort (Wahana Permainan Salju). Kemudian, setibanya di Gala Yuzawa, untuk menuju lereng gunungnya pun, juga bisa menggunakan gondola yang telah tersedia. Dan dengan JR East, jadi bisa menghemat biaya perjalanan untuk menuju ke atas (gunung). Serta hal yang perlu diperhitungkan lainnya adalah karena harga tiket masuknya yang relatif murah. Dan dengan tiket itupun kita tidak perlu membayar keperluan yang lainnya, karena tiketnya sudah termasuk biaya untuk menyewa perlengkapan, seperti sepatu ski dan papan seluncur. Di antara alasan-alasan tersebut, hal yang terpenting adalah karena Gala Yuzawa merupakan satu-satunya Snow Resort di dunia yang memiliki akses/ koneksi langsung menuju Shinkansen Stasiun. Nah, untuk selengkapnya dari Gala Yuzawa, silahkan cek di bawah ini atau kunjungi JR East (Tokyo Rail Days) Official Website.

Gala Yuzawa
Gala Yuzawa merupakan salah satu tempat yang direkomendasikan bagi para turis yang ingin merasakan kegembiraan liburan musim dingin di Jepang. Ski resort ini hanya berjarak 77 menit dengan shinkansen dari stasiun Tokyo. Mencapai “snowy wonderland” ini tidak perlu mengganti kereta karena dengan shinkansen bisa langsung tiba di Gala Yuzawa Ski Resort. Jadikanlah Gala Yuzawa sebagai salah satu tujuan wisata kamu apabila berlibur ke Jepang.
Untuk informasi lebih lengkap dapat mengunjungi :
 
DAFTAR PUSTAKA
Asano, Vie. 2014. Hokkaido Untuk Pemula. (http://jalan2.com/forum/blog/193/entry-836-hokkaido-untuk-pemula/, diakses pada 02 Maret 2015).
Eric. 2014. Mari Bermain Salju Di Sapporo. (http://j-cul.com/mari-bermain-salju-di-sapporo/, diakses pada 2 Maret 2015.
Herdiawan, Junanto. 2012. Ziarah Ke Fujisan. ( http://junantoherdiawan.com/tag/jalankegunungfuji/, diakses pada 02 Maret 2015).
Rimas. 2014. Tempat Terbaik Menemukan Salju Di Jepang (Part 1). (http://j-cul.com/tempat-terbaik-menemukan-salju-di-jepang-part-1/, diakses pada 27 Februari 2015).
Wisnubrata. 2014. Shiroi Kobito, Cinta  Putih Dalam Setangkup Lidah Kucing. (http://travel.kompas.com/read/2014/08/23/085206827/Shiroi.Koibito.Cinta.Putih.dalam.Setangkup.Lidah.Kucing, diakses pada 03 Maret 2015).
Web Resmi Tokyo Rail Days :


{ 6 Comments... read them below or Comment }

  1. waaaah..banyak banget tempat yang bisa didatangi...festival sapporo kayaknya seruuu yaaa....semoga menang dan bisa sampai ke jepang :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah ada yang mendoakan. :)
      terima kasih atas doa-nya dan semoga mendapat balasan ^.^

      Hapus
  2. wah semoga tercapai impiannya ya ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin..
      terima kasih atas doanya ^.^

      Hapus
  3. kapan ya Indnesia ada musim saljux, jd pengen mencicipi salju hehe...

    BalasHapus

- Copyright © ShadowZ Space - Date A Live - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -