Yang Lagi HOT!

Posted by : JIM Minggu, Agustus 10, 2014

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh...

SUPERMOON. Kalian pasti pernah mendengar istilah ini. Yah, setidaknya pasti pernah mendengarnya sekali atau dua kali lah. Bagi yang bukan pecinta astronomi, mungkin istilah ini dilewatkan begitu saja (tidak peduli apa maksudnya) dan tidak peduli akan kapan terjadinya. Tetapi bagi orang awam dalam astronomi, mungkin akan menganggap ini sebagai peristiwa bulan yang tampak raksasa, atau setidaknya bulan terlihat lebih besar dari biasanya, serta pasti tahulah bahwa hari ini, 10 Agustus 2014, fenomena Supermoon ini akan tampak kembali. Jadi, di sini saya ingin sedikit mengulas apa sih sebenarnya Supermoon itu.

Supermoon, ini adalah istilah yang setidaknya dipahami oleh masyarakat pada umumnya. Tetapi mungkin dalam astronomi, istilah yang lebih tepat menyebutkan fenomena ini adalah Bulan Purnama Perigee. Nah, sekarang coba kita artikan satu per satu istilah ini. Bulan, seperti yang kita tahu merupakan satelit milik bumi, jadi sepertinya saya tidak perlu menjelaskan istilah ini. Purnama, dalam KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), purnama diartikan sebagai keadaan di mana bulan tampak berbentuk bulat sepenuhnya. Sedangkan perige diartikan dengan titik pada garis edar suatu benda langit yg terdekat dengan bumi. Dan bila pengertian bulan purnama perigee diartikan secara utuh, maknanya adalah keadaan bulan penuh (purnama) ketika bulan berada dalam posisi terdekatnya dengan Bumi (perigee). Fenomena Bulan Purnama Perigee ini terjadi karena Bulan berada pada posisi terdekatnya dengan bumi dan bertepatan dengan Fase Bulan purnama (Full Moon). Sehingga purnama kali ini akan terlihat 16% lebih besar serta 30% lebih terang daripada biasa.

Oke, deh, cukup itu dulu aja pengertian basa-basinya. Yang penting kapan terjadinya? Seperti yang disebutkan sebelumnya, yaitu pada hari ini 10 Agustus 2014, dan hanya terjadi sekitar 26 menit setelah Bulan memasuki fase penuhnya, pada pukul 18.10 UT (Universal Time), yang itu artinya waktu terbaik untuk melihatnya dari belahan bumi Indonesia adalah sekitar petang hari tadi, etelah mentari terbenam. So, bagaimana dengan sobat pembaca? Sudahkah tadi melihat supermoon ini. Kalau penulisnya sih gak sempat :( masih ada urusan, sedihnya. Dan foto yang terpampang di artikel ini adalah foto supermoon yang dijepret kakak saya tahun lalu. Yah, dulu sih sempat melihat fenomena satu ini. Tetapi untuk hari ini, sepertinya terlewatkan. Ya sudahlah, tetapi malam ini bulannya masih tampak indah kok. Okelah, sekian aja untuk postingan tidak jelas kali ini.


sumber :

{ 4 Comments... read them below or Comment }

  1. gue demen banget nih bro nonton ini kemaren, gede banget cerah pokoknya bikin merinding lihatnya, berasa mistis aja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, kerasa besar kemarin itu bulannya, tapi gak sampai kerasa mistis sih

      Hapus
  2. yg jls sih Supermoon itu bukanlah Superman, hehe... :D
    kemarin2 ya kalo gak salah terjadinya supermoon ini pas ama datangnya hujan meteor itu...

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe, apalagi sailormoon :D
      gak tepat-tepat banget sih, setahu saya malah setelah supermoon sedikit mereda hujan meteornya

      Hapus

- Copyright © ShadowZ Space - Date A Live - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -