Yang Lagi HOT!

Posted by : JIM Jumat, Januari 27, 2012


Assalamu'alaikum Wr. Wb. 
 
Akhir-akhir ini (atau juga mungkin juga sudah cukup lama) banyak teman-teman saya yang komplain masalah account facebook mereka yang dibobol. Sudah beberapa teman yang minta pertolongan ke saya untuk dibenarin facebook-nya yang dibobol (memangnya saya juru konsultasi napa yah…). Cukup merepotkan juga sih sebenarnya. Tetapi tak apalah, teman sendiri, saling membantu. Lagipula saya sendiri juga belum tentu bisa kok. Tetapi bagaimanapun kalau ada teman yang minta ya saya usahakan dah…



Untuk menanggapi hal itu, kali ini saya ingin berbagi sedikit informasi agar facebook yang dimiliki teman-teman sekalian atau juga para pembaca blog ini ataupun untuk para “turis” yang nyasar ke sini^^ tidak mudah untuk dibobol oleh pihak yang tidak bertanggung jawab (baca: cracker gadungan yang gak ada kerjaan). 

Langsung saja, berikut ini tips-tips dari saya :

TIPS #1 
Jangan membuka facebook melalui search engine, tetapi langsung masukkan url facebook ke address bar. Berdasarkan pemantauan saya selama ini (hwuiese.. jadi juru selidik sekarang), saya melihat banyak (atau cukup banyak) teman-teman saya yang membuka situs facebook melalui mbah google terlebih dahulu. Kebanyakan membuka google terlebih dahulu, kemudian baru memasukkan keyword “facebook” ke kotak pencarian untuk menuju situs facebook, atau biasanya memasukkan keyword ke kotak pencarian search engine pada kolom di pojok kanan atas itu. Menurut saya itu terlalu riskan. Mungkin memang pada top SEO-nya benar-benar situs facebook, tetapi tak jarang pula ada situs-situs mirip facebook buatan cracker yang lagi “nyelip” di situ. Kalau-kalau ternyata yang di klik bukan yang mengarah menuju situs facebook, tetapi “umpan” yang dipasang cracker, maka yah sudahlah… berarti sudah menjadi mangsa cracker. Yah… itu jika benar-benar memasukkan ID dan password-nya di situs buatan yang sangat mirip facebook itu. Jadi, untuk lebih amannya, langsung ketikkan url facebook ke addres bar agar tak tertipu.

TIPS #2 
Waspadai home page yang tertuju ke facebook pada browser yang digunakan. Sama halnya dengan penjelasan di atas. Biasanya Cracker yang membuat situs “palsu facebook” juga akan memasang “umpan”nya di homepage browser pada warnet. Jadi, jika anda membuka browser di warnet dan homepage-nya facebook, maka patut untuk diwaspadai terlebih dahulu. Kalau-kalau ternyata homepage-nya bukan menuju facebook, tetapi “umpan” yang dipasang cracker, maka yah… sama seperti penjelasan di atas. Dan juga terutama untuk teman-teman satu sekolahku, karena akhir-akhir ini (cukup lama juga) aku mengetahui bahwa yang selama ini melakukan pembobolan account facebook teman-temanku adalah temanku sendiri. Ya, ada temanku yang usil menggunakan “facebook palsu” untuk memperoleh account facebook teman-teman sekalian. Ternyata ia iseng memasang homepage “facebook palsu” di laboratorium sekolah. Yah… aku tahu, karena aku sangat mengenalnya, dan waktu itu juga telah ku tegur. Tapi…. Namanya juga manusia lah… Jadi, untuk teman-teman sekolahku yang kebetulan membaca postingan ini, tolong hati-hati yah... jika tidak mau account-nya jebol.

TIPS #3
Jangan asal klik link yang mencurigakan. Salah satu cara selain dua cara yang sudah dijelaskan di atas, biasanya Cracker juga menyebarkan ”umpan”nya melalui chatting facebook dengan memberikan ”umpan”nya ke mangsa yang diinginkannya. Maka dari itu, jika anda menerima/ memperoleh link facebook atau situs yang belum jelas, maka jangan di klik. Mungkin saja itu ”umpan” Cracker atau juga bisa-bisa itu virus. Ya, kalau link itu belum jelas dan terlihat ganjil, ada kemungkinan itu adalah virus. Jadi, jangan diterima atau bahkan disebarkan.

TIPS #4
Waspadai warnet yang menggunakan keylogger. Kalau yang ini saya sulit untuk menjelaskan cara mengantisipasinya. Karena ada kemungkinan (walau kecil) untuk sebuah warnet yang sengaja dipasangi keylogger oleh operator yang iseng gak ada kerjaan (atau juga Cracker yang sudah terbiasa nongkrong/ akrab dengan operator di sebuah warnet). Jika hal itu sampai terjadi, maka dapat dipastikan ID/ password yang anda ketik dapat diketahui oleh si pemasang. Untuk mengantisipasinya, mungkin anda harus nge-net di warnet yang sudah terpercaya. Atau mungkin kalau anda masih belum percaya (gitu aja sulit banget percaya sih), anda bisa menggunakan virtual keyboard. Yah… walau yang ini jarang terjadi.

TIPS #5
Rahasiakan ID/ alamat e-mail yang digunakan pada facebook. Alamat e-mail ini penting sekali untuk membuat berbagai account, termasuk account facebook. Untuk itu anda patut untuk merahasiakannya. Karena sekali e-mail anda dapat dibobol oleh orang, maka sisanya bakalan mudah. Ya, jika e-mail anda sudah terbobol, maka dapat dipastikan account anda yang lain juga ikut terbobol. Terlebih lagi, Cracker zaman sekarang sudah gak bodoh. Jika mereka ingin membobol account facebook, maka hal pertama yang mereka lakukan pasti menyerang e-mail terlebih dahulu. Untuk itu, rahasiakan, walau hanya alamat e-mailnya saja. Karena, selain dengan memasang ”umpan”, Cracker juga cukup bermodal alamat e-mail untuk membobol facebook. Jika Cracker sudah mendapat alamat e-mail, kemungkinan mereka akan menyerang account e-mail terlebih dahulu. Jadi, rahasiakan, walau dengan teman. Bisa jadi, penyerang anda adalah orang terdekat anda. Waspada! (hadeh..... kayak apa aja).

TIPS #6
Gunakan password yang rumit dan usahakan password facebook dengan e-mail berbeda. Yah... beberapa account facebook teman saya yang saya benahi, sering menggunakan password sesuai dengan waktu kelahiran mereka. Walau awalnya saya gak tahu kapan mereka lahir, tetapi setelah membenahi account facebook mereka, saya jadi tahu. Karena kebanyakan dari mereka menggunakan waktu kelahiran sebagai password-nya. Terlebih, password facebook dan e-mail SAMA. Yah... inilah parahnya. Menganggap enteng hal sepele seperti itu. Tetapi jika sudah terbobol....? yah... Maka dari itu usahakan gunakan password yang rumit dan password yang berbeda antara facebook dengan e-mail. Gunakanlah password yang sulit ditebak. INGAT!!! Sekali lagi, bisa saja penyerang anda adalah orang terdekat anda.

TIPS #7 
Lakukan pengaturan privasi sedemikian rupa. Sebelum itu, coba lihat pengaturan privasi facebook milikku terlebih dahulu.
Contoh Privasi



Dari gambar dapat sudah terlihat bukan? Data-data-nya banyak yang kurahasiakan, hanya sebatas sampai teman saja. Dan untuk alamat e-mailnya, seperti yang ku jelaskan sebelumnya, e-mail milikku ya kurahasiakan/ hanya boleh diketahui oleh aku sendiri (terlihat gambar seperti gembok, menandakan data tersebut tidak dapat diketahui oleh orang lain). Eh, bukannya pelit, gak mau kasih identitas loh yah... Yah, selebihnya, data yang lain (selain seperti gambar) juga ada ku rahasiakan. Dah lupa apa aja. Terlebih sekarang facebook milikku sudah ku rubah ke timeline. Dan masih belum coba-coba lagi gimana pengaturan privasi yang baru. Udah malas ngurus facebook. Yang ku tahu cuma yang seperti gambar itu.

TIPS #8

Lakukan pengecekan e-mail secara berkala. Ya, yang ini sangat penting. Seperti pada penjelasan pada tips-tips sebelumnya. Bahwa jika e-mail sampai terbobol, maka yang lain mudahlah. Untuk itu, selalu lakukan pengecekan e-mail. Kalau aku sih selalu buka e-mail terlebih dahulu, untuk melihat-lihat ”kondisi terkini”. Tetapi, sepengetahuanku selama ini, ternyata banyak dari temanku yang e-mailnya gak ke urus. Dapat terlihat dari inbox-nya yang banyaknya gak ketulungan (dan belum kebaca). Ternyata eh ternyata, mereka membuat e-mail itu hanya untuk persyaratan pembuatan facebook, setelah itu ya sudah dibiarkan begitu saja. Hal itu juga terlihat, e-mail dari awal pembuatan hingga akhir, gak ada yang kebaca, hanya e-mail pemberitahuan pembuatan facebook aja. Bahkan, banyak dari temanku yang lupa akan password e-mailnya sendiri.

TIPS #9 
Gunakan e-mail ganda. Yap… mungkin ini yang saya kira cukup efektif. Tentu saja, e-mail ganda, dengan menggunakan e-mail ganda, berarti anda sudah mengantisipasi akan adanya pembobolan account facebook anda. Jadi, jika facebook anda dibobol, lebih-lebih jika sampai ke e-mail, maka e-mail anda yang lain akan membantu anda untuk dapat mengembalikan account facebook anda yang sudah terlanjur dibobol.


TIPS #10 
Berdo’a dan berserah diri kepada ALLAH Subhanallahu Wa Ta’ala. ~tak ada penjelasan~ 


Yah… berdasarkan seluruh penjelasan saya di atas, ternyata kebanyakan dari pembobolan facebook itu tidak lain dan tidak bukan dari keteledoran diri sendiri. Maka dari itu jika gak mau kebobolan, waspada donk. Di dunia ini selalu berlaku hukum sebab-akibat. 

Akhir kata… sekian saja postingan dari saya. Postingan ini saya tulis berdasarkan pengalaman saya selama membenahi beberapa account facebook teman saya, dan sepengetahuan saya mengenai perilaku teman-teman saya terhadap facebook mereka, serta juga sedikit dari pengetahuan saya mengenai cara membobol account facebook. Jadi mohon maaf jika banyak kekurangannya. Dan jika pembaca memiliki tips pencegahan lainnya, mohon untuk di share juga yah… Terima kasih…

{ 6 Comments... read them below or Comment }

  1. Nice Info sob,
    Sekarang mesti hati2 nee sob, banyak Facebook temen saya yang Ilang ..

    BalasHapus
  2. mantap sob
    bahaya banget kalo ane yang kena korbannya hehe

    BalasHapus
  3. sorry sob... baru balas...
    @F403 : ya.. sob... temen saya juga banyak yang kena...
    @Nando : ya, iya, kalo saya yang kena juga bahaya deh...

    BalasHapus
  4. nice kawan untuk jaga-jaga

    BalasHapus
  5. wah makasih infonya sob.
    Izin nyimak :D
    Absen siang

    BalasHapus
  6. @Spenza : ya sob... thanks dah mau komen...
    @Black Angel : sama2 sob... biasa....

    BalasHapus

- Copyright © ShadowZ Space - Date A Live - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -