Yang Lagi HOT!

Posted by : JIM Jumat, Oktober 03, 2014

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh...

sumber gambar
Sekitar seminggu yang lalu, ceritanya saya dan teman-teman sekelas di kampus dikunjungi oleh adik-adik angkatan untuk sharing dan bercerita tentang kehidupan kampus dan lain sebagainya. Di tengah obrolan asyik kami, ada sedikit obrolan yang cukup menggelitik, yaitu membahas tentang tips dan trik agar tidak mengantuk selama waktu menjalani perkuliahan, terutama saat kuliah kelas teori. Pertanyaan yang dilontarkan oleh adik angkatan kami inipun mengundang banyak jawaban dari teman-temanku, mulai dari jawaban yang serius hingga jawaban yang aneh dan konyol.

Nah, jadi ceritanya, di postingan kali ini, saya ingin menyinggung masalah tips dan trik yang disampaikan oleh teman-temanku yang saya rangkum dalam bentuk artikel pribadi di blog ini. Karena postingan ini bentuknya adalah rangkuman (sekaligus mungkin curhatan), jadi saya hanya akan menyampaikan tips dan trik dari teman-temanku yang menurut saya masuk akal dan dapat diterima akal sehat dari sekian banyaknya jawaban aneh yang disebutkan oleh teman-temanku. Selain dari apa yang disampaikan oleh teman-temanku, ada beberapa darinya yang saya cari kebenaran dan tambahannya dari artikel-artikel di internet. Oke, langsung saja, let’s check it out.

1. Relaksasi Pernafasan
Salah satu penyebab timbulnya rasa kantuk adalah karena kurangnya suplai oksigen ke otak. Hal ini juga mengingatkan saya mengenai apa yang pernah saya pelajari di sebuah komunitas silat semasa SMA dahulu. Relaksasi pernafasan dahulu rutin saya lakukan sebelum melakukan latihan silat. Katanya sensei (pelatih)-nya sih relaksasi ini akan mengalirkan oksigen ke otak, sehingga bisa membuat kinerja otak lebih lancar dan juga membantu meningkatkan kecerdasan otak. Nah, saat dahulu itu juga ada beberapa temanku yang bertanya mengenai kondisiku yang tidak pernah terlihat mengantuk di kelas pada jam pelajaran apapun, mereka bertanya mengenai kiat-kiat agar tidak mengantuk ketika pelajaran, namun saat itu masih belum bisa terjawab olehku. Tetapi sekarang, ketika saya mungkin sudah memiliki jawabannya, malahan sekarang ini sering mengantuk di kelas. Hehe :p (jangan ditiru). Dan ini mungkin penyebabnya adalah karena sekarang sudah tidak pernah melakukan relaksasi pernafasan. So, dari pengalaman ini, tips pertama yang bisa saya berikan untuk mengatasi rasa kantuk, yaitu dengan melakukan relaksasi pernafasan. Caranya, tarik nafas pelan-pelan dan dalam-dalam dari mulut, kemudian hembuskan nafas perlahan dari mulut. Lakukan hal ini berulang kali, insyaAllah bisa manjur.

2. Minum
Kantuk juga bisa menjadi pertanda bahwa tubuh kita sedang dehidrasi. Untuk itu, jelas, cara menanganinya adalah dengan segera minum air mineral untuk mencukupi asupan kebutuhan air dari tubuh kita.

3. Menulis
Mengantuk di kelas, terutama dalam kelas teori, mungkin bisa disebabkan oleh rasa bosan atau jenuh mendengarkan ucapan orang lain (dalam hal ini guru atau dosen) yang monoton alias datar. Nah, untuk mengatasinya, daripada bengong aja mendengarkan ucapan guru/ dosen yang menerangkan tersebut, lebih baik waktu bengong tersebut digunakan untuk menulis atau mencatat apa yang diterangkan tersebut. Dengan begitu lebih bermanfaat, bukan? Kita bisa membaca dan memahami kembali apa yang telah diterangkan dengan membaca apa yang telah dicatat. Lebih-lebih lagi, kalau kita bosan atau mengantuk saat diterangkan, pasti apa yang diterangkan guru/ dosen hanya akan lewat. Jadi dengan adanya catatan, akan jauh lebih bermanfaat.
Tetapi, ketika bingung apa yang mau dicatat (gak paham apa yang diterangkan atau yang menerangkan terlalu cepat ngomongnya), bisa juga kok mencatat apapun, terserah mau mencatat apa, gak harus apa yang diterangkan, yang penting gak mengantuk di kelas dan gak kena teguran atau bahkan mungkin omelan dari guru/ dosen. :p
Jujur saja, saya juga sering kok melakukannya. Terkadang coret-coret untuk merangkai puisi lah, atau untuk membuat draft fiksi, atau juga coretan artikel lainnya yang akan diposting. Hehe, atau bahkan mencoret sesuatu yang gak penting, termasuk juga hingga terangkai gambaran gak jelas apa maksudnya. :p

4. Melihat Sekeliling
Mengantuk karena bosan mendengarkan ucapan yang monoton? Tetapi bingung sekaligus malas juga untuk membubuhkan tinta di atas kertas? Maka, cobalah untuk melihat ke sekeliling. Coba perhatikan ekspresi teman-teman di sekitar yang mungkin juga bosan mendengarkan. Pasti ada hal-hal lucu yang dilakukan mereka, atau mungkin juga akan melihat ekspresi teman yang juga sedang mengantuk, dan hal ini akan menggelitik serta mengundang perasaan lucu ke dalam diri kita. Sehingga mungkin kita akan tersenyum melihat tingkah-tingkah teman kita dan bisa menghibur diri untuk menghilangkan rasa kantuk.

5. Cuci Muka
Tidak menemukan hal lucu dalam ekspresi teman-teman di sekeliling? Mungkin karena tingkat kemalasan yang lagi tinggi-tingginya, sehingga untuk menulis pun malas, dan untuk melihat teman-teman di sekeliling juga rasanya monoton saja. Oleh karenanya, hilangkan rasa malas itu terlebih dahulu, yaitu minta izinlah kepada guru/ dosen untuk meninggalkan kelas sebentar untuk ke kamar dan cuci muka, serta bila perlu, berwudhu sekalian. Hal ini mungkin juga sudah terlalu mainstream, sudah sering disuruh oleh guru/ dosen yang bersangkutan. Mungkin memang perlu sih, untuk menghilangkan rasa kantuk.

6. Menggerakkan Anggota Tubuh
Cara lain untuk menghilangkan rasa bosan dan malas yang memuncak adalah dengan menggerak-gerakkan anggota tubuh kita. Cobalah untuk olahraga kecil, seperti menggelengkan kepala, senam jari/ tangan, juga menggerak-gerakkan kaki, atau bila perlu, di saat kita minta izin ke kamar mandi untuk cuci muka, sekalian saja sempatkan waktu untuk olahraga atau senam sejenak. InsyaAllah tubuh bisa lebih bugar karena telah bisa mengusir rasa bosan dan malas yang menyerang.

7. Tidur
Yaps, inilah tips terakhir dan paling ampuh untuk mengatasi rasa kantuk. Apapun penyebab kita mengantuk, entah kurangnya suplai oksigen di otak, dehidrasi, bosan, ataupun malas, tetap cara paling manjur dan paling efektif untuk membunuh rasa kantuk adalah dengan TIDUR. Sudah deh, gak perlu dijelaskan lagi. Mau bagaimana cara melakukannya sementara masih dalam kelas untuk menuntut ilmu, sudah pikirkan sendiri saja deh. Saya gak ikut-ikutan kalau ternyata kena tegur atau disalahkan. Tips, bukan berarti perintah yang harus dilaksanakan. :p
(gak bertanggungjawab, kabur dulu) :P

Sumber :
~ Obrolan teman-teman.
~ http://www.usepul.com/lakukan-hal-ini-saat-kantuk-menyerang-di-kelas/
~ http://health.detik.com/read/2011/01/04/143608/1538917/766/bila-orang-sering-merasa-ngantuk
~ http://www.inicaraku.com/tips-cara-menghilangkan-kebiasaan-mengantuk.html

{ 6 Comments... read them below or Comment }

  1. kayaknya pas buat mahasiswa saya nih, makasih tips-nya
    jangan lupa main juga di http://myjavalamp.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. silahkan dicoba tips-nya :D

      Hapus
  2. Ga cuma dikelas sob, saat bekerja pun rasa kantuk melanda...

    BalasHapus
    Balasan
    1. silahkan dicoba di tempat kerja sob.
      kalo sukses bisa dikabari. :D

      Hapus
    2. Terima kasih sudah berpartisipasi di #EmEmCe : Merangkai Kata. Nama sobat telah tercantum dalam list peserta. Mohon lengkapi syarat dan ketentuan kuis. Happy blogging...

      Hapus
    3. ya, maaf sebelumnya, khilaf...
      sekarang bannernya sudah dipasang

      Hapus

- Copyright © ShadowZ Space - Date A Live - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -