Yang Lagi HOT!

Posted by : JIM Sabtu, Agustus 03, 2013

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh...

Di bulan Ramadhan nan suci dan penuh berkah ini, gak tahu kenapa masih ada banyak sekali perdebatan ataupun saling hujat di antara sesama Muslim. Hal ini sering sekali saya temukan di berbagai dunia maya, terutama fanspage-fanspage facebook. Padahal fanspage tersebut jelas sekali menyebut diri mereka sebagai fanspage yang Islami, tetapi isinya tidak lebih untuk memecah-belah kaum Muslim.

"Tidak ada satu kaum yg tersesat setelah mendapat petunjuk, melainkan karena mereka suka berdebat". (Terjemahan HR Tirmidzi dan Ahmad)

Maka dari itu, akhir-akhir ini aku sering meng-unlike banyak fanspage, karena isinya gak sesuai. Lah iya, masak di fanspage tersebut isinya saling hujat, haduh gak tega aku membacanya. Tetapi sebenarnya satu hal yang membuatku berpikir kenapa untuk lebih baik meng-unlike saja. Aku berpikir, admin itu fanspage membuat sebuah status yang bisa dibilang merendahkan satu golongan atau juga ada yang memuat sebuah berita yang gak sesuai, kemudian setelah itu banyak komen yang datang yang isinya pro dan kontra, yang kebanyakan saling menghujat satu sama lain, tetapi anehnya kenapa tidak ada tanggapan dari admin fanspage yang membuat status tersebut? Setelah membuat sebuah status, kemudian datang komentar yang memperlihatkan perdebatan, kenapa tidak ada satupun komentar dari adminnya? Bukankah itu berarti membuat status kemudian ditinggal kabur? Berlepas tangan? Itu sama artinya tidak bertanggungjawab bukan?

Terlebih lagi setelah aku baca-baca statusnya, dan mencoba memahaminya. Satu hal yang ku sadari, seperti itu status isinya hanya asal comot dari sumber tidak jelas, kemudian tempel begitu saja di fanspage. Wah… kelihatan banget gak bertanggungjawabnya kan? Untuk apa juga asal copas untuk dijadikan status di fanspage, kemudian ditinggal kabur begitu saja? (kalau bukan untuk memecah belah Umat Muslim?) Kalau saja banyak komentator di fanspage-fanspage semacam itu mau berpikir, pasti mereka bakal sadar kalau sedang diadu-domba. Kalau niatnya memang mau dakwah, gak mungkin juga berlaku tidak bertanggungjawab semacam itu, padahal kan dalam Q.S. Al-Israa (17) ayat 36 jelas sekali menyatakan bahwa segala sesuatunya pasti dimintai pertanggungjawabannya.

Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan dan hati, semuanya itu akan diminta pertanggungan jawabnya.” (Terjemahan Q.S. Al-Israa : 36)

So, bagi kita yang merasa sebagai Umat Muslim yang hanya mengharapkan Ridho Allah, sebaiknya jika menemukan sebuah fanspage yang NGAKUNYA ISLAMI, tetapi isinya cuma saling hujat antara Umat Muslim dan admin dari fanspage tersebut tidak berusaha untuk menengahi/ memperbaiki keadaan, maka sebaiknya saran saya JANGAN DILIKE, atau kalau terlanjut dilike, sebaiknya UNLIKE aja dah… Kita kan gak tahu sebenarnya siapa yang membuat itu fanspage, bisa jadi seorang zionis atau umat Non-Muslim lain yang membenci Islam, atau mungkin bahkan dari golongan kita sendiri yang hanya menuruti hawa nafsunya untuk memecah-belah Umat Islam.

Tetapi, sebagai umat Muslim yang baik, ada baiknya sebelum kita meng-unlike-nya, kita sampaikan pesan terakhir kita yang dapat meluruskan masalah tersebut, kita nasihati dahulu agar mereka tidak melakukan perdebatan yang sia-sia dan sebaiknya jangan terpengaruh oleh ulah fanspage tersebut. Setelah itu, mereka mau mendengarkan atau tidak, setidaknya kita sudah menunaikan tugas kita, urusan hidayah-Nya sampai atau tidak, kita serahkan semuanya kepada Allah, karena tugas kita sebagai manusia hanya menyampaikan…

Dan (ingatlah) ketika suatu umat di antara mereka berkata: "Mengapa kamu menasehati kaum yang Allah akan membinasakan mereka atau mengazab mereka dengan azab yang amat keras?" Mereka menjawab: "Agar kami mempunyai alasan (pelepas tanggung jawab) kepada Tuhanmu, dan supaya mereka bertakwa. "” (Terjemahan Q.S. Al-A’raf : 164)

{ 6 Comments... read them below or Comment }

  1. Bagus2 setuju sekali untuk menghindari sesuatu yang tidak tahu asal-usulnya.. Kalau saya jarang sih like fp kayak gitu2..

    BalasHapus
  2. iya sob, coz juga, saya ngerasa kok kalo di dunia maya itu banyak sekali berita gak jelas...
    iya lebih baik jangan sembarangan like, sesuatu yg gak jelas bagi kita....

    BalasHapus
  3. bener mas, saya juga banyak unlike, selain penuhi wall fb, informasinya memang ngga baik

    BalasHapus
  4. iya, banyak info yg menyeleweng...
    makanya unlike-in aja...

    BalasHapus
  5. makasih sdh mengingtkan sob! *smile

    http://rohis-facebook.blogspot.com/2011/07/ulama-salaf-dan-perdebatan.html

    BalasHapus
  6. ya sob...
    sama2... ^_^

    BalasHapus

- Copyright © ShadowZ Space - Date A Live - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -