Yang Lagi HOT!

Posted by : JIM Selasa, September 17, 2013

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh...

Kali ini di ShadowZ Space ingin membagikan sebuah tips untuk membenahi masalah pada equation (rumus/ persamaan) di word. Sudah tahu bukan apa itu equation? Penggunaan dan fungsinya? Pasti sudah pada tahu dan pernah menggunakannya. Yapz…. Sudah gak usah basa-basi, langsung aja to the point (karena penulisnya juga dikejar waktu nih).

Sebenarnya, sudah cukup lama word di laptop penulis mengalami masalah. Word anda juga pernah mengalami masalah di equation-nya? Muncul symbol aneh yang entah word-nya lagi mabuk atau stress seperti pada gambar disajikan di atas? Maka, di sini saya akan share pengalaman saya dalam mengalami masalah tersebut.

Bisa dibilang cukup lama saya berkelana di google untuk mengatasi masalah tersebut, tetapi yang saya temukan di google kebanyakan hanya masalah kompabilitas equation di word yang menggunakan 2003, 2007, ataupun 2010. Tetapi saya di sini tidak akan menjelaskan hal tersebut, anda bisa cari di google, ada banyak. Nah… tapi untuk masalah saya, saya tidak juga menemukannya. Ini aneh. Apakah simbol-simbol aneh tersebut muncul dengan sendirinya dari negeri antah berantah? Ataukah hanya masalah keyword yang dimaksudkan kurang pas? Ah. Entahlah, saya gak mau membahasnya lebih lama lagi deh…

Yah, yang pasti, kemudian saya menemukan tips bagus di http://januajiwicaksono.com/. Tetapi, postingan di situ postingan lama, sekitar tahun 2008, nah… tentu saja word yang digunakan di situ word lama, yaitu 2003. Dan di situ juga tidak membahas step by step untuk mengatasinya, hanya sebuah tips singkat yang awalnya saya sendiri bingung, dan juga hanya menyelesaikan masalah pertama. Tetapi, setelah bersemedi 7 hari 99 malam (nah loh), akhirnya saya mengutak-atik sendiri deh. Tips dan langkahnya yaitu seperti uraian berikut.

Masalah 1 (Tips 1)
Jika masalah bagi anda hanya karena muncul symbol aneh seperti itu ketika anda mengetikkan equation di word di laptop/ computer anda, maka anda hanya perlu mengganti style di jendela equation anda. Caranya (untuk word 2010):
- Pilih toolbar Insert > Object (lihat gambar yang diberi lingkaran biru)
- Jendela Object akan terbuka, kemudian pilih Microft Equation 3.0 (lihat gambar)
- Selanjutnya jendela Equation akan terbuka. Pilih tab Style > Define
- Jendela Styles akan terbuka. Ubah semua jenis style yang meminta pemilihan font menjadi font standard yang biasa anda gunakan (misalnya Times New Roman). Tetapi biarkan saja tanda centang pada character format seperti apa adanya (lihat gambar).

Masalah 2 (Tips 2)
Tips sebelumnya hanya untuk membantu anda agar anda bisa menulis, tetapi tetap saja anda masih belum bisa membaca. Eh, maksudnya? Coba anda mengetikkan equation di word di laptop/ computer lain (entah punya teman anda, atau bapak, saudara, paman, kakek, atau terserah dah). Kemudian simpan di flashdisk dan buka di punya anda, maka yang terjadi adalah seperti sebelumnya, yang muncul hanya simbol-simbol GJBGT dan mungkin muncul jendela peringatan seperti gambar berikut.

Anda tidak perlu panik dan khawatir. Apalagi sampai berteriak histeris. Santai saja. Masalah itu hanya terletak pada font yang anda miliki. Coba anda buka jendela equation anda, pasti simbol-simbol aneh tersebut akan berubah menjadi equation normal kembali. Tetapi ketika anda tutup word anda tanpa save ulang, kemudian dibuka kembali, maka peringatan itu akan muncul lagi.

Untuk menghilangkannya peringatan itu secara permanen, anda cukup menginstall MT Extra font yang saya berikan link download-nya pada akhir postingan ini ke computer anda. Sudah tahu cara installnya bukan? Kalo belum tahu, cukup copy font tersebut, kemudian buka Control Panel > Fonts dan paste-kan di dalam folder Fonts tersebut, maka font akan otomatis terinstall.

Masalah 3 (Tips 3)
MT Extra font sudah terinstall, tetapi anda masih tidak bisa membaca equation orang lain (ketika anda membuka word yang diketikkan dari laptop/ computer lain tersebut, tetap muncul symbol aneh), padahal jendela peringatan itu tidak muncul. Nah, kenapa lagi ini? Ternyata, masih ada satu font lagi yang belum dimiliki laptop/ computer anda, tetapi gak tahu kenapa tidak ada jendela peringatan. So, tips berikutnya sama seperti tips kedua. Install font yang link download-nya saya sediakan di akhir postingan (menjadi satu zip dengan MT Extra Font). Coba deh anda buka word di laptop/ computer lain, kemudian buka jendela Styles Equation-nya (seperti cara di tips 1), maka penampakan Styles Equation-nya tampak seperti berikut :

Nah, jadi satu font yang tidak anda miliki itu adalah font Symbol Reguler. So, setelah font itu diinstall di laptop/ computer anda, maka langkah selanjutnya adalah merubah Styles Equation-nya seperti pada gambar di atas dengan langkah seperti di tips 1.

Yaps…. Sekian aja deh tips yang bisa saya berikan, karena hanya itu pengalaman saya dalam mengatasi masalah ini. Jika kurang jelas atau tips ini tidak membantu masalah anda atau tips-nya hanya sekadar tips cupu yang tidak berguna, saya mohon maaf yang sebesar-besarnya. Tetapi jika ada yang berguna, saya mengucapkan terima kasih dan Alhamdulillah deh.

{ 4 Comments... read them below or Comment }

  1. Hmm bisa seperti itu ya.. makasih ya tipsnya.. kendala saya memang terletak pada ekstensi 2010 ke 2003.. jadi gak kebaca gitu deh ^^"

    eh iya, beberapa waktu lalu q gak bisa komen kesini coz dialihkan ke situs lain.. mungkin ada masalah ya blognya?

    BalasHapus
  2. ya.. terkadang repot juga kalo masalah ekstensinya itu...

    wah... kurang tau mas, maaf jarang buka blog soalnya...

    BalasHapus
  3. ternyata rumus word bisa di luruskan juga ya, saya kira nggak bisa. Saya malah baru tahu mas hehe :)

    BalasHapus
  4. wah, nyidir ini mbaknya... :)

    BalasHapus

- Copyright © ShadowZ Space - Date A Live - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -