Yang Lagi HOT!

Posted by : JIM Kamis, September 05, 2013

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh...


Bertemu kembali bersama ShadowZ Space. Seperti yang saya sebutkan pada postingan sebelumnya, bahwa di kesempatan kali ini saya akan menceritakan sesuatu, dan sesuatu itu adalah mengenai kemampuan atau keterampilan yang saya kuasai dalam dunia IT. Dan juga seperti yang saya katakan dalam postingansebelumnya, bahwa ini adalah sebagai tugas awal kuliah saya untuk menceritakannya di dalam blog.
Di era yang modern ini, tidak dapat kita pungkiri bahwa perkembangan zaman berkembang secara pesat. Salah satu perkembangan pesat yang dapat kita amati adalah dalam dunia IT, termasuk pula komputer, yang seringkali kita gunakan dalam keseharian kita. Dewasa ini, siapa sih yang tidak mengenal komputer, mulai dari anak kecil hingga orang yang sudah lanjut usia. Bahkan, anak-anak kecil yang belum bisa baca tulis saja tak jarang yang sudah mengenal dan berkecimpung dalam dunia komputer. Contoh mudahnya saja, adik sepupu saya yang masih berumur sekitar 3 tahun sudah ikut-ikutan sibuk bermain komputer. Dan lucunya, adik sepupu saya yang belum bisa baca tulis itu sudah memiliki jejaring sosial semacam facebook.
Dahulu, ketika saya bermain di rumah saudara sepupu saya, saya menemui salah satu adik sepupu yang sibuk dengan facebook, ketika itu saya terkejut melihatnya, karena melihat adik sepupu yang setahu saya belum bisa membaca apalagi menulis (kalau sekarang mungkin sudah bisa) sibuk mengutak-atik facebook. Spontan saya bertanya kepada kakaknya, “Adikmu itu sudah bisa membaca ya?” Tetapi saya terkejut dengan jawaban “TIDAK”.
“Lah, kalau tidak bisa membaca kok bisa-bisanya facebook-an seperti itu?” Dan jawabnya mudah saja, “Ah, enggak kok, anak itu bermain facebook-nya ngawur (tidak jelas/ sesukanya sendiri). Asal menekan tombol tetapi sebenarnya tidak mengetahui sedang berbuat apa?”
Saya pun menjawab, “Oh, berarti kamu yang membuatkan akunnya, kemudian kalau mau login, kamu login kan terlebih dahulu.”
Tetapi jawabnya, “Memang aku yang membuatkan akunnya. Tetapi kalau login, dia bisa login sendiri.”
Nah, saya pun terkejut, seraya bertanya, “Loh, kalau tadi bilangnya tidak bisa membaca, tetapi kenapa bisa login sendiri ke facebook. Bukankah kalau mau masuk facebook harus tahu ID dan password-nya?”
“Ya, memang. Untuk mengisikan ID dan password facebook tersebut, dia hanya menghafal kalau kolom yang ini (kolom ID) tombol-tombol keyboard yang ini yang ditekan. Begitu pula dengan password-nya, jadi dia hanya menghafal letak tombol keyboard, tetapi sebenarnya tidak tahu apa bacanya.”
“Owh…”
Nah, anak yang tidak bisa membaca dan menulis saja sudah bisa melakukan hal semacam itu di dalam dunia IT, walau hanya sekadar menghafal letak tombol keyboard. Kemudian, bagaimana dengan saya yang sudah berumur seperti ini? Apa yang bisa saya lakukan dalam IT ini? Dan itulah kali ini yang mau saya bahas, yaitu tidak lain dan tidak bukan adalah kemampuan atau keterampilan saya dalam dunia IT.
Walau sudah berumur seperti sekarang ini, yang tentu saja sudah memiliki pemikiran yang cukup matang dibandingkan dengan anak yang belum bisa membaca dan menulis, serta sudah cukup lama menjelajah dan mengusik dunia IT, tetapi itu bukan berarti bahwa ilmu saya sudah sebegitu mahirnya dalam IT. Bahkan bisa dibilang keterampilan saya dalam komputer hanya sebatas standar saja, hanya ilmu-ilmu dasar, tidak lebih. So, walaupun di sini saya membahas mengenai keterampilan saya dalam IT, tetapi itu hanya keterampilan biasa yang tidak begitu mahir.
‘Microsoft’, pasti tidak asing dengan kata ini, bukan? Ya, kalau kita sering menggunakan komputer pasti sudah terbiasa menggunakan aplikasi-aplikasi dari Microsoft ini, begitu pula dengan saya. Bisa dibilang, kemampuan/ keterampilan menggunakan Microsoft adalah kemampuan paling standar yang minimal harus dikuasai oleh setiap orang di zaman modern ini. So, tentu saja ini merupakan salah satu kemampuan yang saya kuasai, mulai dari Microsoft Word, Microsoft Excel, Microsoft PowerPoint, Microsoft Publisher, juga hingga aplikasi tambahannya, yaitu Microsoft Mathematic. Tetapi, bukan berarti saya menguasai semua aplikasi dari Microsoft, karena masih banyak aplikasi keluaran Microsoft yang belum saya kuasai.
Sedangkan dalam bidang desain atau edit-edit gambar, dahulu awalnya saya sempat belajar CorelDraw dan PhotoShop. Tetapi, dalam perkembangannya (hingga sekarang), saya merasa lebih cocok dengan Corel, karenanya PhotoShop perlahan mulai saya tinggalkan dan saya membiasakan diri dengan Corel, terlebih setelah tahu bahwa aplikasi dari Corel bukan hanya CorelDraw, tetapi ada juga Corel PhotoPaint, yang saya kira kemampuan dan fungsinya tidak jauh berbeda dengan PhotoShop. So, dalam bidang ini, saya cukup menguasai Corel, tetapi agak kaku ketika menggunakan PhotoShop.
Selanjutnya dalam bidang Networking, salah satu kemampuan yang saya kuasai tentu saja bermain dengan script blogger, secara saya kan seorang blogger yang seringkali mudah bosan dengan tampilan blog saya, maka dari itu saya sering mengutak-atik script blogger saya. So, bisa dibilang, saya sedikit bisa menguasai script html. Tetapi, mungkin akhir-akhir ini saya tidak/ hanya sedikit melakukan pengeditan tampilan blog, karena mungkin waktu yang tersedia tidak memungkinkan bagi saya untuk melakukannya. Dalam hal blogging juga, di sini saya memiliki dua buah blog, yaitu yang pertama adalah blog ini, ShadowZ Space, dan yang kedua adalah ShadowZ Fiction. Dalam blog ShadowZ Space saya sering menceritakan tentang aktivitas atau kegiatan saya, sebuah kata-kata dalam bentuk puisi/ syair, tentang pengetahuan alam, dan sedikit pula tutorial seputar dunia IT. So, untuk mengetahui apa saja kemampuan atau keterampilan saya dalam menggunakan kemajuan teknologi lainnya, mungkin dapat dilihat dari tutorial yang saya berikan. Karena insyaAllah, saya memberikan/ membagikan mengenai tutorial dikarenakan saya sudah menguasainya atau setidaknya sedikit menguasainya.
Sedangkan untuk blog ShadowZ Fiction, berisi karangan-karangan fiksi hasil buah karya pemikiranku. Karena memang, saya suka menulis, termasuk juga menulis fiksi. Mungkin kemampuan yang ini (menulis) tidak ada hubungannya dengan keterampilan komputer. So, saya tidak perlu menceritakannya panjang lebar, bisa langsung lihat saja hasil karangan fiksi saya di ShadowZ Fiction.
Seperti yang saya sebutkan sebelumnya juga, bahwa saya menguasai atau setidaknya sedang mempelajari mengenai script html, sebenarnya bukan hanya script html blog saja, tetapi juga script menggunakan notepad ataupun notepad++. Dalam tutorial saya di blog ini saja saya beberapa kali menyinggung mengenai tutorial menggunakan notepad, karena bagi saya notepad merupakan aplikasi/ cara dasar untuk belajar script pemrogaman.
Selain dari kemampuan-kemampuan yang cukup saya kuasai itu, sebenarnya saya juga dahulu pernah mencoba mempelajari banyak hal lainnya, seperti Turbo Pascal atau juga Visual Basic. Tetapi, itu semua saya pelajari secara otodidak dan hanya sekilas, jadi harap maklum jika saya belum menguasainya. Yah, mungkin saat itu saya berpikir, seperti itulah sulitnya anak SMA, kalau mau belajar macam-macam harus secara otodidak, jadi masih kebingungan karena tidak ada target yang jelas. Berbeda dengan anak SMK, sudah ada materinya dan sudah jelas apa yang akan dibuat. Maka dari itu, kali ini saya ingin lebih menguasai apa yang dahulu hanya saya ketahui dasar-dasarnya.
Baiklah, seperti cukup sekian saja, karena sepertinya postingan ini sudah cukup panjang. Sebenarnya masih banyak keterampilan-keterampilan kecil saya lainnya dalam hal yang berkaitan dengan IT. Tetapi, sepertinya itu tidak mungkin saya ceritakan semuanya. Dan seperti yang saya sebutkan sebelumnya, untuk mengetahui keterampilan saya lainnya, bisa melihat tutorial-tutorial saya di blog ini.
Cukup sekian saja, saya ucapkan terima kasih.

{ 6 Comments... read them below or Comment }

  1. weh hebat ya sudah lama sekali menguasai IT. Saya malah baru tahu kemarin-kemarin mas. Jadi nggak begitu mudeng sama IT hehehe :D

    BalasHapus
  2. wah, gak hebat juga koq...
    udah lama, tapi tetap aja masih belum bisa menguasai dg baik..

    BalasHapus
  3. Mantap sob...

    semoga dapat mendalami bidang IT dan tidak lupa dengan ibadahnya :-)

    BalasHapus
  4. amin....
    sip, thanks doanya...

    BalasHapus
  5. ehem .. cie2 segitu udah bagus lah.. :D

    lha saya, kuliah jur Tekkom, semakin bergelut dgn skripsi.. yg dasar2 ilang alias lupa ..

    BalasHapus
  6. wah... ada mbak dari tekkom nih...
    malu deh kalo dikomenin yg lebih senior... :p

    haha.. tapi masa' sampe segitu lupanya...

    BalasHapus

- Copyright © ShadowZ Space - Date A Live - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -