Yang Lagi HOT!

Posted by : JIM Rabu, Januari 22, 2014

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh...

http://cakcholik.blogdetik.com/2014/01/21/giveaway-2-hari/Alhamdulillah, baru saja saya menemukan sebuah GA dari Pakdhe Cholik sebelum deadline-nya hari ini. GA-nya tergolong cukup mudah, yaitu memberi tanggapan mengenai artikel blog beliau. Setelah bongkar-bongkar, akhirnya menemukan sebuah artikel yang cukup menarik, judulnya “Sekolah Bukan Hanya Mengejar Ijasah”. Siiippp, sesuai dengan prinsip saya.

Pada artikel tersebut, di bagian awal disebutkan, ‘Sekolah bukan hanya mengejar ijasah tetapi ada tujuan yang lebih mulia yaitu untuk mendapatkan ilmu pengetahuan’. Dari pernyataan ini saya sedikit ingin menambahi. Bukan hanya sekadar untuk mendapatkan ilmu pengetahuan, tetapi semata-mata menjadi amal ibadah untuk mendapatkan ridho-Nya. Para pembaca sendiri sudah paham dan sering mendengar bukan bahwa ‘segala sesuatu itu bergantung pada niatnya’ dan juga ‘semua perbuatan kita bisa menjadi lahan ibadah bila diniatkan untuk ibadah’. So, menurut saya bila sekolah itu hanya untuk mengejar ijazah dan mendapatkan ilmu pengetahuan, itu masih kurang. Coba kita perhatikan bagaimana gelagat generasi bangsa sekarang ini, salah satu contohnya para koruptor. Apakah mereka tidak mendapatkan ilmu pengetahuan dari hasil sekolah mereka? Saya yakin mereka pasti orang pintar yang memiliki ilmu pengetahuan luas. Dan jika mereka ditanya tentang korupsi? Saya juga yakin bahwa mereka menganggap korupsi seperti anggapan banyak orang, yaitu perbuatan tercela yang merugikan bangsa dan Negara. Lantas, kenapa mereka masih melakukan korupsi?

HATINYA. Hidayah belum masuk ke dalam hatinya, itulah jawaban saya. Dan itu semua kembali pada niatnya. So, jika boleh menambahi pernyataan tersebut, menurut saya yang tepat adalah ‘Sekolah bukan hanya mengejar ijazah, tetapi ada niat yang lebih mulia yaitu untuk mendapatkan ilmu pengetahuan serta sebagai amal ibadah untuk mendapatkan ridho-NYA’.

Cukup itu saja sih tambahan saya untuk artikel berjudul “Sekolah Bukan Hanya Mengejar Ijasah”. Selebihnya saya setuju dengan pernyataan Pakdhe, kalau pembaca ingin tahu, langsung saja baca artikelnya. Terlebih untuk bagian ‘tips sederhana tentang cara belajar yang baik’ dari Pakdhe, saya setuju banget dan merekomendasikan untuk patut dibaca.

{ 8 Comments... read them below or Comment }

  1. bahkan beberapa orang sukses di dunia IT tidak sukses di kuliahnya tapi mereka berhasil di pekerjaannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. sukses itu relatif...
      ya, gak mesti secara formal kalo mau sukses...

      Hapus
    2. yap, sukse bisa ditempuh dengan cara apapun. mau formal atau nggak. siapapun bisa jadi sukses

      Hapus
    3. siapapun, jika mau berusaha pastinya...

      Hapus
  2. Setuju sekali. PR untuk sistem pendidikan kita masih menumpuk. Saya juga pernah sharing tulisan tentang pendidikan ini. Menurut Al-Ghazali tujuan pendidikan itu ada yg jangka panjang, yakni muaranya akhirat. Kalau tujuannya sudah spiritual rasanya mental yang terdidik itu takkan picik.
    http://twinkle-euisry.blogspot.com/2014/01/pendidikan-bersambung.html

    BalasHapus
    Balasan
    1. bukan hanya menumpuk, bahkan mungkin meng-gudang(<bahasa apaan juga ini)... :p
      benar, yg penting tujuan pendidikan kita, itulah yg harus ditanamkan...

      Hapus
  3. Terima kasih atas partisipasi sahabat dalam Giveaway 2 Hari
    Salam hangat dari surabaya

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, sama2 pakdhe, saya juga dari surabya... :)
      ditunggu pengumumannnya...

      Hapus

- Copyright © ShadowZ Space - Date A Live - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -