Yang Lagi HOT!

Posted by : JIM Kamis, Februari 27, 2014

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh...


http://www.kampungfiksi.com/Selamat malam sobat. Kalian sudah mengetahui tentang blog lain yang saya miliki? Yaitu ShadowZ Fiction, bagian lain dari ShadowZ Space. Dari namanya sudah kentara bukan tentang apa blog tersebut? Ya, yaitu fiction alias fiksi. Di sana merupakan tempat bagiku untuk menuangkan karangan-karangan fiksiku (walau kebanyakan fiksinya merupakan fiksi fantasi). Dan bisa dibilang menulis fiksi adalah suatu kegemaran yang mengasyikkan tersendiri bagiku, karena bisa bebas membayangkan apapun, termasuk angan yang tidak masuk akal atau bahkan imajinasi gila. Fiksi bagiku merupakan suatu cara untuk mengendalikan pemikiran-pemikiran gila dan liar dariku, daripada mikir yang aneh-aneh dan gak jelas arahnya, lebih baik pemikiran itu diarahkan dengan menulis sebuah fiksi yang bisa menjadi suatu karya.

Bagaimana dengan kalian? Apakah kalian seorang penikmat fiksi atau bahkan merupakan penulis fiksi professional? Jika iya, kalian pasti memiliki keinginan untuk bisa berinteraksi kepada sesama pecinta fiksi, bukan? Entah itu untuk berbagi, belajar, atau apapun itu. Nah, bagi kalian pecinta fiksi, apa sudah tahu mengenai tempat berkumpulnya para pecinta fiksi?

Ada satu tempat yang saya rekomendasikan sebagai tempat berkumpul, yaitu ‘Kampung Fiksi’. Jadi, tunggu apa lagi, yuk kita main-main ke Kampung Fiksi untuk mencari pengalaman lebih jauh. Tunggu… jika kita ingin bermain ke suatu tempat, tidak afdol rasanya jika tempat yang ingin kita kunjungi, tidak kita ketahui tempat apa itu. Jadi, mari kita cari tahu terlebih dahulu tempat seperti apakah ‘Kampung Fiksi’ itu.

Jika diidentifikasi dari segi bahasa. Dalam KBBI, kampung dapat bermakna sebagai desa, dusun, atau juga bermakna kesatuan administrasi terkecil yg menempati wilayah tertentu, terletak di bawah kecamatan. Kemudian fiksi, dalam KBBI berarti cerita rekaan, khayalan, atau tidak berdasarkan kenyataan.

Dari dua pengertian tersebut, maka Kampung Fiksi bermakna suatu tempat/ desa khayalan. Loh, berarti Kampung Fiksi itu tidak ada dong? Cuma khayalan? Eits, jangan berpikir seperti itu, pengertian dari Kampung Fiksi tidak bisa diterjemahkan secara bahasa. Jadi, lupakan deh pengertian ‘ngawur’ tersebut.

Sebenarnya, Kampung Fiksi merupakan tempat bagi para pecinta fiksi untuk berkumpul, berbagi, belajar, dan mendapatkan informasi apapun mengenai dunia fiksi. Awal dibangunnya bermula dari kesamaan hobi kalangan penulis perempuan, mereka adalah Winda Krisnadefa, Meliana Indie, G. Siahaya, Deasy Maria, Ria Tumimomor, dan beberapa perempuan lainnya. Walau bermula dari tekad dan usaha para perempuan, sepertinya Kampung Fiksi bukan hanya dikunjungi oleh para perempuan, melainkan semua orang yang memiliki kesamaan hobi dalam dunia fiksi.

Di kampung fiksi ini terdapat beberapa tempat pelayanan bagi para penulis fiksi. Yang pertama terdapat tempat yang disebut ‘toko’ Copy Editing, yang merupakan tempat pelayanan untuk koreksi aksara (typos), koreksi kalimat, pemilihan diksi dan ejaan. Kemudian ada ‘perusahaan’ Development Editing/ Substantive Editing, yang merupakan tempat pelayanan pengembangan ide dan konsep, serta pelayanan edit konten. Selanjutnya ada kelas online menulis fiksi dan ‘kantor’ untuk mengurus ISBN.

Selain itu, di kampung ini juga terdapat beberapa kegiatan, sehingga warganya bisa belajar fiksi tidak sekadar teori, yaitu antara lain Book Traveling Campaign dan Grup Book Traveling Campaign.

Jadi, bagi kalian yang mengaku sebagai pecinta fiksi, tunggu apalagi, yuk segera bermain ke Kampung Fiksi yang beralamatkan di http://www.kampungfiksi.com/.

Ikut memeriahkan ultah Kampung Fiksi yang ke-3 bersama Smartfren, Mizan, Bentang Pustaka, Stiletto Book dan Loveable.

{ 3 Comments... read them below or Comment }

  1. semoga menang ya sob... pengen ngliat ke te ka pe ah

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih...
      silahkan segera menuju ke TKP dan selamat bersenang-senang... ^^

      Hapus
  2. Undangan Menjadi Peserta Lomba Review Website berhadiah 30 Juta.
    Selamat Siang,
    setelah kami memperhatikan kualitas tulisan di Blog ini.
    Kami akan senang sekali, jika Blog ini berkenan mengikuti Lomba review
    Websitedari babastudio.

    Untuk Lebih jelas dan detail mohon kunjungi http://www.babastudio.com/review2014


    Salam
    Baba Studio

    BalasHapus

- Copyright © ShadowZ Space - Date A Live - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -