Yang Lagi HOT!

Posted by : JIM Rabu, Agustus 20, 2014

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh...

Hello, sobat pengunjung sekalian. Kalian pernah tahu atau tidak tentang kura-kura? Dan tahukah atau pernah lihatkah penyu atau bulus? Sekilas, sepertinya ketiga makhluk ini tampak sama, padahal sebenarnya berbeda loh. Coba simak dahulu deh artikel berikut ini untuk lebih mengetahui apa perbedaan dari ketiga makhluk ini.

Kura-kura, penyu, dan bulus adalah tiga binatang yang termasuk ke dalam golongan reptile. Sekilas mereka tampak sama, namun ternyata berbeda. Persamaan yang tampak paling mencolok adalah mereka memiliki rumah, batok, atau tempurung yang menjadi satu dengan badannya dan dibawa kemana-mana. Tempurung ini terbagi dari dua bagian, yaitu bagian atas yang menutupi punggungnya yang disebut karapas (carapace) dan bagian bawah yang menempel pada perut yang disebut dengan plastron.

Bagi kura-kura, tempurung ini memiliki fungsi untuk melindungi bagian tubuhnya yang lunak. Jika ada bahaya, maka kepala dan kaki kura-kura akan masuk ke dalam tempurungnya. Tempurung itu sendiri memiliki dua lapisan, satu di bagian luar yang bersisik keras dan satu lagi di bagian dalam yang berupa lempengan tulang tersusun rapat. Sedangkan pada penyu, tempurungnya tidak bersisik, hanya berupa kulit yang melapisi tulang tempurung, dan ketika dalam bahaya mereka tidak dapat memasukkan kepala atau kaki ke dalam tempurungnya.

Dilihat dari habitatnya, maka sebagian besar waktu kura-kura dihabiskan di darat. Mereka memiliki kaki dan berkuku tajam untuk bergerak di daratan. Makanan utama kura-kura adalah tumbuhan, tapi tidak jarang kura-kura peliharaan diberi makan cacing yang dikeringkan. Sedangkan penyu, lebih banyak menghabiskan waktu hidupnya di dalam air laut. Hanya penyu betina saja yang sesekali muncul ke daratan saat akan bertelur di pantai, selebihnya mereka berada di laut. Itulah sebabnya penyu tidak memiliki kaki, melainkan empat sirip untuk membantunya berenang. Makanannya pun berbeda, penyu memakan ikan-ikan kecil. Dan bila dilihat dari ukuran tempurungnya, penyu umumnya memiliki ukuran tubuh yang lebih besar dari kura-kura.

Kemudian bagaimana dengan bulus? Bulus layaknya seekor penyu, menghabiskan banyak waktu hidupnya di daerah perairan, hanya saja bulus tinggal di daerah air tawar, memakan hewan-hewan kecil di air, dan memiliki tempurung serta tubuh lunak yang terdiri dari tulang rawan. Juga bila dilihat dari ukurannya, bulus lebih kecil dari kura-kura maupun penyu.


Diolah dari majalah AMAL edisi 40 (Agustus 2014) halaman 21.
Sumber Gambar :
- www.satwaunik.com
- fadel-starlight.blogspot.com
- bangka.tribunnews.com

{ 3 Comments... read them below or Comment }

  1. ternyata penyu tidak bisa memasukkan kepalanya ke dalam tempurungnya....dan bulus kombinasi antara kura2 dan penyu......luarbiasa....keep happy blogging always...salam dari Makassar :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya, tetapi bulus tidak bisa dibilang sebagai kombinasi keduanya, karena dari segi bentuk dan ukuran saja sudah berbeda jauh

      Hapus
  2. Thanks for info jangan lupa kunjungi website kami https://bit.ly/2NJVNNW

    BalasHapus

- Copyright © ShadowZ Space - Date A Live - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -