Yang Lagi HOT!

Posted by : JIM Kamis, Agustus 07, 2014

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh...

Halo, pengunjung, pembaca, dan blogger sekalian. Kali ini ceritanya saya akan membahas salah satu artikel dari kak Naelil (eh, manggilnya siapa ya? kak aja deh ^.^), dalam rangka menyambut ultah blognya yang pertama. Dan artikel yang saya bahas di sini adalah sebuah pembahasan tentang introvert. Jika ada yang belum tahu apa itu introvert, akan saya kasih sedikit penjelasannya. Pada artikel yang ditulis kak Naelil tersebut, dijelaskan bahwa introvert dalam segi bahasa memiliki arti tertutup, biasanya memiliki sifat dan karakter yang cenderung menyendiri. Kemudian karena saya masih penasaran dengan introvert, saya coba cari di KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), dan ternyata tidak ditemukan istilah kata introvert, melainkan yang adalah introver yang berarti bersifat suka memendam rasa dan pikiran sendiri dan tidak mengutarakannya kpd orang lain; bersifat tertutup. Tetapi ketika saya mencoba mencarinya di kamus Inggris-Indonesia, saya menemukan arti yang lebih tidak mengenakkan hati, yaitu seorang yang lebih suka memikirkan dirinya sendiri daripada orang lain.

Nah, dari segi pengertian pada artikel kak Naelil dan KBBI, yah bisa dibilang fine, tidak terlalu bermasalah, tetapi jika dilihat dari pengertian kamus Inggris-Indonesia, ah lupakan, tidak mengenakkan hati pengertiannya ini. Eh, kenapa saya jadi sewot dengan pengertian di kamus Inggris-Indonesia tersebut? Karena ternyata saya adalah tipe orang yang introver, seperti ciri-ciri yang dijelaskan pada artikel kak Naelil tersebut, tetapi tidak seperti yang disebutkan pada kamus Inggris-Indonesia tersebut. Nah, karena alasan itu juga lah mengapa di sini saya memilih untuk membahas artikel tentang introver dari artikel kak Naelil tersebut.

Dari ciri-ciri artikel yang disebutkan pada artikel tentang introver karya kak Naelil tersebut, ternyata sebagian besar mirip dengan kepribadian saya dan saat itulah baru tahu bila ternyata saya merupakan sosok dengan kepribadian introver juga. Berikut ini, sedikit saya sebutkan (serta sedikit ulasan) tentang ciri-ciri kepribadian introver yang sesuai dengan kepribadian saya.

1. Tidak Suka Basa Basi
2. Pergi ke Pesta Bukan untuk Bertemu Orang Baru
Bukan hanya pesta, tetapi juga kegiatan/ acara lainnya. Cenderung mendatangi suatu acara bukan untuk menemui kenalan/ orang baru, melainkan akan lebih terlihat menghabiskan waktu dengan orang-orang yang sudah dikenal sebelumnya. Tetapi bila berada di lingkungan yang benar-benar baru dan tidak ada di sekelilingnya orang yang dikenal, barulah akan mencari kenalan untuk menyesuaikan dengan lingkungan.
3. Bicara di Depan 500 Orang Tidak Terlalu Membuat Stres Dibanding Harus Berbaur Setelahnya
Nah, ini juga bisa dibilang masalah saya. Padahal jika harus melakukan public speaking di depan orang banyak ataupun mempresentasikan suatu karya, it’s oke, tidak masalah, bisa mengatasi rasa nervous atau bahkan audience akan mengganggap saya sebagai orang yang supel. Tetapi sebenarnya, di balik semua itu, bila harus berbaur dan mengobrol akrab dengan orang yang belum dikenal dengan baik, terasa lebih sulit.
4. Saat di Bis, Anda duduk di Bangku Paling Pojok, Bukan di Tengah
5. Anda Memperhatikan Detail yang Orang Lain Tidak Lakukan/ Perhatikan
6. Sering Berbicara dalam Hati
7. Anda Seorang Penulis
Atau mungkin lebih tepatnya suka menulis. Saya bukanlah seorang penulis hebat semacam Tere Liye, J.K. Rowling, Asma Nadia, Fahd Djibran, atau penulis hebat siapapun itu, tetapi saya hanya sekadar suka atau hobi. Dan sangat benar seperti yang dikatakan, “Introver sering lebih baik berkomunikasi lewat tulisan daripada secara langsung.”
8. Anda Memiliki Periode Kegiatan Sosial, Kerja, dan Kesendirian
Sangat benar seperti yang dikatakan Olsen Laney (dalam Naelil Arifin, 2014), “Introver bisa bergerak dengan menentukan bagaimana mereka harus menyeimbangkan kesendirian dengan aktivitas sosial. Tapi ketika mereka bergerak terlalu banyak dalam sosialisasi dan kesibukan, mereka merasa tertekan dan perlu untuk kembali ke diri mereka sendiri.”
9. Terlihat Bijaksana Sejak Usia 20-an
Mungkin.

Nah, itulah 9 dari 14 ciri-ciri yang disebutkan kak Naelil yang sesuai dengan kepribadian saya. Tetapi itu artinya, ada lima ciri-ciri yang tidak sesuai. Apa saja itu?
1. Merasa Sendiri di Keramaian
Tidak juga. Terlebih jika banyak orang-orang yang saya kenal, saya bisa menjadi sosok yang banyak bicara dan membahas ini-itu.
2. Mudah Terganggu
Sementara ekstrovert cenderung mudah bosan ketika mereka tidak memiliki kegiatan, introver memiliki masalah sebaliknya. Mereka mudah terganggu dan kewalahan di lingkungan yang kelebihan stimulus.” Juga tidak. Bahkan saya adalah sosok orang yang mudah bosan bila tidak memiliki kegiatan dan selalu mencoba ada saja untuk mencari-cari sesuatu yang bisa dikerjakan.
3. Memiliki Kekasih Ekstrovert
Kalau yang ini no comment. Gak tau deh. Karena hingga sekarang masih single dan saya juga kurang tahu sosok cewek ekstrovert itu yang seperti apa.
4. Menyaring Telepon
Anda mungkin tidak mengangkat telepon sekalipun dari orang yang Anda suka, namun Anda akan menelepon balik mereka setelah Anda siap secara mental dan mengumpulkan energi untuk perbincangan.” Juga tidak.
5. Tekanan Darah Rendah
Studi di Jepang tahun 2006 menemukan bahwa introver cenderung memiliki tekanan darah rendah daripada ekstrovert.” Wah, kurang tahu saya kalau yang ini.

Setelah sebelumnya bahas tentang kepribadian introver saya berdasarkan artikel dari kak Naelil tersebut, maka sekarang ini giliran inti dalam GiveAway yang diadakan kak Naelil, yaitu untuk memberikan komentar, kritik, ataupun saran yang membangun. Baiklah, berikut ini komentar, kritik, dan saran dari saya. Sebelumnya saya berharap, semoga komentar berikut tidak menyinggung. Bila ada salah, mohon maaf.

Jika saya lihat keseluruhan dari isi artikel tersebut, bisa dibilang cukup baik. Tetapi ada satu hal yang disayangkan, yaitu kejelasan sumber informasi. Jika dilihat dari keseluruhan isi, saya masih bisa sangat yakin bila tulisan tersebut merupakan karya kak Naelil sendiri. Tetapi untuk tokoh introvert yang disebutkan, semacam artis seperti Lady Gaga, Christina Aguilera dan Emma Watson, atau penulis terkenal J.K. Rowling, ataupun tokoh-tokoh besar yang juga merupakan introvert seperti Mahatma Gandhi, Abraham Lincoln, Albert Einstein, dan Bill Gates, saya sangat yakin bila informasi tersebut didapatkan dari sebuah karya lain. Kecuali jika kak Naelil bertanya sendiri ke tokoh-tokoh yang dimaksud. Juga kutipan dari pernyataan tokoh-tokoh seperti Dambling ataupun peneliti Clark University, saya juga yakin kutipan itu mengambil dari karya lain, kecuali lagi jika kak Naelil mendengar langsung dari ucapan mereka.

Jadi, ada baiknya bila kak Naelil memberikan sumber yang jelas dari mana informasi-informasi tersebut. Karena bisa jadi hal (artikel kak Naelil) tersebut menjadi sebuah plagiat atau dianggap oleh penulis karya sumber informasi tersebut sebagai bentuk memplagiatkan karya orang lain. Memang sih di awal telah disebutkan bahwa kak Naelil menemukan salah satu postingan health.detik.com tentang tanda-tanda kepribadian introver, yang bisa jadi artikel yang mulai dari “Ciri-ciri kepribadian introvert : 1. Tidak Suka Basa Basi …” hingga seterusnya merupakan artikel yang diambil dari artikel di health.detik.com. Tetapi masih belum jelas menyebutkan artikel mana yang dijadikan patokan. Selain itu pula, kak Naelil sendiri sudah menyebutkan kata-kata berikut, “Sebelumnya SAYA jelaskan dulu apa itu introvert dan apa itu ekstrovert”, yang itu artinya pengertian-pengertian dari introver tersebut dijelaskan dari kak Naelil sendiri, bukan diambil dari artikel di health.detik.com.

Jadi, kritik ataupun saran dari saya, sebaiknya sebutkan dari mana sumber informasi-informasi tersebut dengan jelas. Sumber informasi yang jelas di sini bagi saya menjadi poin penting terlebih bila itu merupakan sebuah karya ilmiah, sehingga bisa dimintai pertanggungjawabannya. Dan juga ini sangat berguna untuk menjaga orisinalitas dari karya yang sudah sangat bagus tersebut, agar tidak ada tuntutan bila sewaktu-waktu ada pihak yang mengaku bila informasi itu berasal dari artikel miliknya.

Baiklah, saya kira cukup itu yang bisa saya sampaikan pada kesempatan kali ini. Bila ada salah kata dan kekurangannya saya mohon maaf yang sebesar-besarnya. Dan satu hal terakhir, pada bagian terakhir artikel kak Naelil tersebut, telah disebutkan beberapa tokoh-tokoh besar yang memiliki kepribadian introvert, yaitu Mahatma Gandhi sang penguasa nasionalisme di India, Abraham Lincoln sang penguasa ke 16 negara Amerika, Albert Einsten sang penguasa ilmu pengetahuan modern abad 20, dan Bill Gates yang bisa dibilang berkuasa mengangkat nama Microsoft. Wow, keren banget gak sih, jadi bangga gitu memiliki kepribadian introver, dan juga kemudian ditutup dengan pertanyaan berikut, “Andakah calon introvert yang sukses selanjutnya?” Dan dengan sangat yakin saya menjawab, “TENTU SAJA, KARENA PARA INTROVERT AKAN BERKUASA.” ^_^

Sumber bahan review:
http://naeliltheclimber.wordpress.com/2014/02/05/anda-introvert-sama-saya-juga-lol/


{ 8 Comments... read them below or Comment }

  1. Mohon maaf ya atas kecerobohan saya. Lain waktu insyaAllah akan lebih saya perhatikan -__-
    Jadi, semua ciri-cirinya tersebut saya comot dari health.detik.com. Istilah kerennya, reblog. Sedangkan prolog dan epilog, barulah murni tulisan saya sendiri. Untuk penjelasan introvert dan ektrovert itu, merupakan sesuatu yang sudah saya ketahui sebelumnya. Tapi lupa entah itu dapat dari buku ataupun internet. Istilah kerennya *Apasih* sepengetahuan/seingat saya saja. Btw, endinya mantep tuh. Hoho

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya, sama-sama.
      oh, jadi reblog yah. ya udahlah gak apa-apa dah.
      kalau ending ya mesti yg mantap. :D

      Hapus
  2. Wew, saya juga cenderung intro, dek. Itu tekanan darah rendah, kayaknya iya, deh :3
    Sukses GA-nya ^ ^

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah, banyak yg introvert nih. :D
      ya, mbak, ikutan juga dong, ^.^

      Hapus
  3. kalo kepribadianku jgn ditanya deh, sudah pasti sobat JIM bs menebak sendiri apakah aku ini introvert atau tidak... tp setuju jg bahwa sikap introvert itu bukan berarti tdk baik. justru yg tdk baik itu adalah sikap yg ingin berkuasa

    sukses GAnya, aku mau ngintip dulu ke tempat yg punya GA, siapa tau bs ikutan

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha, pasti introver, ya benar banget, bukan masalah baik atau tidak, yang penting bagaimana menggunakannya.

      oke, segera aja ikut, masih lama kok ini GA

      Hapus
  4. sipp..... BUAT Motivasi diri nih..hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah, hebat berarti tulisan saya bisa jadi motivasi. :D

      Hapus

- Copyright © ShadowZ Space - Date A Live - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -