Yang Lagi HOT!

Posted by : JIM Minggu, September 21, 2014

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh...

Andromax C.
Galaxy Star Duos.
Mungkin kita tidak asing bila mendengar dua nama ini. Ya, khalayak umum tentulah sudah sering mendengar dan mengetahui mengenai dua smartphone android terbaru yang termasyhur pada era ini. Diluncurkan dari dua vendor berbeda, Andromax C dari Smartfren dan Galaxy Star Duos dari Samsung, kedua smartphone ini saling bersaing dengan sengit di pasar. Oleh karenanya, adalah suatu hal yang wajar bilamana ada beberapa orang/ pihak yang melakukan komparasi kedua android ini sebagai bahan pertimbangan para pengguna android yang ingin membeli sebuah android, salah satunya yaitu seperti pada video komparasi di bawah ini.

Dalam memilih ataupun mengamati kemampuan suatu komputer atau gadget, spesifikasi pertama yang perlu diperhatikan untuk menentukan pilihan yang tepat adalah dari segi processor dan memorinya. Dan seperti yang telah diulas di dalam video di atas. Bila dari Smartfren Andromax C, sudah menggunakan processor Dual Core Processor 1 GHz dan dioptimalkan dengan RAM 512MB serta memori internal sebesar 4GB. Sedangkan Galaxy Star Duos menggunakan processor Single Core Processor 1 GHz dengan RAM dan memori internal yang sama seperti Andromax C. Dengan perbedaan Core yang semacam ini, tentu performa yang dimiliki antara keduanya bisa diduga perbedaannya.

Dilihat dari sisi lain, Smartfren Andromax C memiliki kemampuan dual SIM, yaitu CDMA EVDO Rev. A (Download speed up to 3,1 Mbps) dan GSM. Sedangkan Samsung Galaxy Star Duos memiliki kemampuan dual SIM yang keduanya GSM dengan kecepatan maksimal EDGE. Selain itu, kehadiran Smartfren Andromax C ini menggunakan layar lebar dengan ukuran 4 inchi TFT LCD dengan WVGA (480x800) Resolution dan kepadatan piksel 233ppi. Sedangkan kehadiran Samsung Galaxy Star Duos menggunakan layar yang sedikit lebih kecil, yaitu 3 inchi dengan QVGA (320x240) Resolution dan kepadatan piksel 133ppi. Dengan perbedaan resolusi dan kepadatan piksel yang semacam ini, Andomax tampak memiliki gambar dan kecerahan yang lebih tajam daripada Galaxy Star.

Untuk spesifikasi secara lengkapnya berdasarkan video tersebut, dapat dilihat sebagai berikut.

Spesifikasi Utama Smartfren Andromax C :
  • Dual SIM CDMA-GSM On
  • Layar sentuh kapasitif 4 inci WVGA (480 x 800 piksel)
  • Memori internal 4 GB, RAM 512MB
  • Kamera utama 2 MP
  • Android Jelly Bean 4.1
  • CPU Dual-core 1 GHz
  • GPU Adreno 203
  • Baterai Lithium-Ion 1420 mAh
Spesifikasi Utama Samsung Galaxy Star :
  • Dual SIM GSM-GSM On
  • Layar sentuh kapasitif 3 inci QVGA (320x240 piksel)
  • Memori internal 4 GB, RAM 512MB
  • Kamera utama 2 MP
  • Android Jelly Bean 4.1
  • CPU single core 1 GHz
  • Baterai Lithium-Ion 1200 mAh
Nah, itu tadi sedikit yang bisa saya sebutkan berdasarkan dari video komparasi di atas. Dan secara keseluruhan, bila mengamati perbandingan dari awal hingga akhir dari video tersebut, jelas sekali bahwa dalam video tersebut lebih mengarah dan mengunggulkan spesifikasi dari Smartfren Andromax C, terlebih dengan menyebutkan bahwa dengan harga Smartfren Andomax C yang lebih murah dari Samsung Galaxy Star Duos, Smartfren Andromax C memiliki kemampuan spesifikasi yang lebih baik. Tetapi sebagai sebuah video komparasi, video ini bisa dikatakan cukup baik, karena secara terperinci mengulas tentang spesifikasi-spesifikasi dari kedua android yang sedang dibandingkan. Perincian dari spesifikasi-spesifikasi ini dapat membuka wawasan dan memudahkan pengguna android yang ingin membeli salah satu dari android tersebut karena mereka bisa seakan-akan telah mengetahui bagaimana android yang akan mereka beli sebelum membelinya, sehingga mereka bisa lebih cermat dalam menentukan pilihannya mereka.

Namun, dalam video ini memiliki sedikit kekurangan. Walau telah berhasil menyebutkan spesifikasi secara rinci, tetapi terdapat beberapa kali pengucapan perincian yang terbata-bata, sehingga tampak pengulas belum mengerti betul (atau mungkin juga lupa) tentang spesifikasi yang hendak dibandingkan. Terlebih dengan adanya beberapa pemotongan video yang menurut saya pribadi tidak pas, sehingga menimbulkan sedikit keganjalan saat menonton ulasan perbandingan spesifikasi kedua android tersebut. Untuk itu, diperlukan beberapa kali latihan atau pengenalan yang lebih mendalam tentang apa yang akan dibandingkan sebelum dirilisnya sebuah video komparasi seperti tersebut, sehingga nantinya dalam video komparasi yang dirilis memberikan hasil maksimal sekaligus akan membuat penyimak yang menonton video lebih merasa nyaman dan lebih mudah memahami spesifikasi yang sedang dibandingkan.

So, mana yang lebih baik? Smartfren Andromax C ataukah Samsung Galaxy Star Duos? Semuanya tergantung pada pilihan kalian sendiri yang ingin membelinya. Apakah Andromax C seharga 600-ribuan ataukah Galaxy Star Duos seharga 800-an? Semuanya kembali pada diri masing-masing, sebuah review ini tidak lain hanya sebagai pencarahan awal mengenai kedua android. So, tentukanlah sendiri. Semoga mendapat yang terbaik. Amin.

{ 2 Comments... read them below or Comment }

  1. kalau menurut saya semua nya bagus, jadi kalau punya uang lebih, sebaiknya beli kedua dua nya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe, iya, kalau punya uang, mbak. :D

      Hapus

- Copyright © ShadowZ Space - Date A Live - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -