Yang Lagi HOT!

Posted by : JIM Kamis, Juni 20, 2013

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh...

Baru saja tadi pagi ini, ketika aku membaca di status facebook, ada salah seorang teman yang mempostingkan status berupa promosi yang disertai gambar “Wow, now facebook bla bla bla…”. Gak taw, aku lupa bagaimana kata-katanya, pokoknya kata-kata dalam b.inggris yang kalau diartikan dalam b.indonesia kurang lebih seperti ini, “Wow… sekarang di facebook kita bisa mengetahui siapa saja yang melihat profil kita, segera kunjung adf.ly/…..”. Kurang lebih sih, karena aku benar-benar lupa. Tetapi yang pasti, dari alamat yang menyertainya aja, pasti tuh hanya sekadar promosi untuk mencari keuntungan semata.

Sebenarnya aku sendiri gak percaya, karena sudah lama aku tahu (pernah membaca di sebuah artikel blog) bahwa facebook tidak pernah menyediakan fitur untuk mengetahui siapa yang melihat facebook kita. Tetapi dari gambar yang menyertainya begitu meyakinkan, gambar yang menunjukkan sebuah notification milik seseorang, yang di mana dalam notification tersebut menunjukkan bahwa ada beberapa orang yang melihat profil facebook-nya. Namun, gambar tersebut ada yang mengganjal menurut saya, di notification pertama (kurang lebih seperti ini) “si A melihat profil facebook anda 2 menit yang lalu”, “si B melihat profil facebook anda 14 menit yang lalu”, yah kurang lebih seperti itu hingga sampai beberapa jam yang lalu (pastinya dalam b. Inggris). Nah… yang mengganjal menurut saya, kenapa kok semua notification-nya berupa pemberitahuan tentang adanya orang yang melihat facebook-nya? Kenapa enggak ada pemberitahuan mengenai adanya yang menge-like ataupun meng-comment statusnya? Apakah tuh orang yang dijadiin contoh dalam gambar tersebut gak pernah nulis status ataupun komen ke status orang? Ataukah itu gambar hanya edit-an?

Sebenarnya insting-ku lebih mengarah kepada kemungkinan kedua, yaitu gambarannya hanya edit-an. Ya, pasti tuh cuma bohong untuk mencari keuntungan, agar orang-orang mau ngeklik adf.ly. Tetapi, beberapa menit kemudian, aku berpikir, gak ada salahnya juga bukan kalo cuma sekadar mencoba. Namun pastinya, gak mau memberi keuntungan pada pihak semacam itu, makanya aku menggunakan deadf.ly. Eh, tetapi ternyata, aku kurang waspada. Benar juga, padahal kan biasanya kalo teman-temanku di facebook menulis status dengan b. Indonesia. Tetapi ini…

Huft…. Yah… ternyata setelah aku mencoba dan mengikuti langkah simpelnya. Huwah… beberapa menit kemudian ternyata aku sadar bahwa facebook-ku sudah menuliskan sebuah status promosi yang sama seperti yang ku sebutkan pada awal paragraph (“Wow, now facebook bla bla bla...”), padahal aku sama sekali tidak menuliskannya, atau dengan kata lain pihak dari website tersebut secara otomatis menyebarkan status promosi mereka menggunakan facebook-ku. Bahkan bukan hanya di profil facebook-ku, tetapi lebih parah lagi, yaitu di semua grup facebook yang ku ikuti. Hiyah… ternyata ini tujuan dari website tersebut. Jadi, mau gak mau aku harus menghapus satu per satu status tersebut. Dan beberapa menit kemudian, aku juga baru tahu, kalau bukan hanya di grup-grup facebook yang ku ikutin, tetapi juga ternyata facebook-ku mengirim status tersebut ke beberapa orang temanku. Hanya beberapa, karena ada beberapa temanku yang profilnya ku buka tetapi gak ada status tersebut muncul. So, aku gak tau deh nyebar ke mana saja status yang mengatasnamakan aku (menggunakan facebook-ku), karena aku gak mengecek satu per satu dari mereka (terlalu banyak).

Yah… baiklah, kalau masih bingung dengan postinganku yang panjang lebar ini, intinya, JANGAN PERCAYA JIKA ADA SEBUAH PIHAK/ LAYANAN YANG MENYEBUTKAN BAHWA BISA MENGETAHUI SIAPA YANG MELIHAT FACEBOOK KITA.
So, hati-hati terhadap penipuan. Sekali lagi, FACEBOOK TIDAK PERNAH MENYEDIAKAN FITUR UNTUK MENGETAHUI SIAPA YANG MELIHAT FACEBOOK KITA.

lanjut di sini

{ 8 Comments... read them below or Comment }

  1. iya gan, saya juga telah menyadari ini sedari dulu.. makanya kalau ada promosi fan page males like

    BalasHapus
  2. yah...
    sebenarnya saya juga males kalo nge-like gitu..
    tapi waktu itu iseng aja nge-klik alamatnya (bkn ngelike), yah... jadinya gitu deh...
    cukup dijadikan pelajaran aja...

    BalasHapus
  3. memang betul itu, "adf.ly." sdh merupakan "virus" ........
    disini saya katakan virus, sbb semua yg berhubungan dengannya, adalah kebohongan.............
    semoga kedepan ada orang yg mampu bikin antis virusnya.....

    BalasHapus
  4. wah... tapi di sini saya tidak menyebutkan merk sob...
    gak mengatakan itu koq... ^.^

    BalasHapus
  5. dan ketika dilaporkan sebagai spam ke pihak facebook mereka bilang itu bukan spam, menjengkelkan sekali,hahaha untung aka saya nggak pernah nyoba tp kena spam dr org terus
    keren ya blognya,ada efek-efeknya gitu,bagus banget deh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya ini, rada jengkel juga sebenarnya, pernah nyoba cuma sekali sih, tapi ya gitu berkali-kali kena spam dari orang...
      biasa kok efek2nya mbak, bawaan template semua... :)

      Hapus
    2. harusnya langsung dibanned masa pihak facebook nggak canggih banget ,haha
      oh bawaan template yah, boleh dong kapan2 di share :)

      Hapus
    3. wah, kalo masalah banned gitu jangan tanyakan saya, langsung mengadu pada pihak facebook.. :)
      cari di google banyak kok template2 gini..

      Hapus

- Copyright © ShadowZ Space - Date A Live - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -