Yang Lagi HOT!

Posted by : JIM Sabtu, Juli 05, 2014

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh...


Selamat pagi sobat, bagaimana kabarnya? Sudah pada sahur, kan? Sudah tidak terasa nih ya kita telah memasuki hari ke 7/8 bulan suci Ramadhan. Nah, teringat di benak penulis mengenai sebuah hadits yang membahas tentang pembagian hari di bulan Ramadhan yang dibagi menjadi tiga bagian, yaitu 10 hari pertama adalah rahmat, 10 hari kedua adalah maghfirah/ ampunan, dan 10 hari terakhir adalah pembebasan dari api neraka. Tetapi penulis di sini tidak ingin membahas mengenai pembagian hari bulan Ramadhan dalam hadits tersebut, lagipula hadits tersebut juga dhaif, jadi gak perlu lagi deh dibahas di sini. Melainkan yang dimaksudkan penulis di sini, mungkin memang mengenai pembagian hari di bulan Ramadhan yang dibagi menjadi tiga bagian, tetapi bukanlah menyinggung hadits tersebut, melainkan fakta-fakta yang selama ini terjadi di bulan Ramadhan di tahun-tahun sebelumnya. Baiklah, daripada bingung apa yang dimaksudkan oleh penulis, lebih baik langsung cek aja deh berikut ini.

10 HARI PERTAMA
Di 10 hari pertama bulan Ramadhan ini, bisa dibilang puncak-puncaknya orang-orang bergairah untuk melakukan amalan-amalan kebajikan. Dan di saat-saat inilah (seperti sekarang ini), akan terlihat masjid-masjid, musholla-musholla, atau surau-surau, begitu ramai dipenuhi oleh kumpulan manusia, mulai dari pagi hari hingga pagi hari lagi. Mulai dari orang tadarrus-an, kajian, ceramah, sholat berjamaah, hingga orang-orang bersih-bersih tempat sholat. 10 Hari inilah puncaknya orang-orang rajin beramal dan beribadah.

10 HARI KEDUA
Di 10 hari berikutnya, tempat yang di mana bila 10 hari sebelumnya terlihat ramai, kini keramaian itu akan terlihat berpindah. Di saat inilah masjid-masjid, musholla-musholla, atau surau-surau mulai akan terlihat mengalami kemajuan, maksudnya jamaahnya maju gitu, yang mungkin sebelumnya sekitar 4-5 shaf menjadi maju ke shaf 1 atau 2. Dan kemajuan ini diakibatkan karena jamaah-jamaahnya pada berpindah ke mall-mall, supermarket-supermarket, atau pusat-pusat perbelanjaan lainnya. Ya, inilah saat-saat dimana orang-orang mulai sibuk untuk mempersiapkan segala sesuatunya untuk menyambut Idul Fithri pada 1 Syawal nantinya, yah... walaupun sebenarnya masih lama, masih ada sekitar 2-3 mingguan, tetapi yah... tanyakan pada diri masing-masing.

10 HARI TERAKHIR
Dan di 10 yang terakhir, keramaian tersebut akan mulai kembali berpindah atau mungkin akan lebih tepatnya disebut menjadi kekesepian, terutamanya untuk di kota-kota besar, semacam Surabaya ini. Keramaian tersebut akan terlihat berpindah ke stasiun-stasiun (dan juga terminal-terminal). Akan terlihat banyak orang yang mengantri panjang untuk membeli tiket. Dan semakin mendekati hari Idul Fithri keramaian kota akan mulai terlihat berkurang, kemudian lama-kelamaan (di hari Idul Fithri tersebut) keramaian kota dalam sekejap akan berubah menjadi sebuah kesepian. Yaps, di kota-kota, seperti halnya di kota Surabaya ini, ketika telah memasuki hari Idul Fithri, jalanan akan terlihat sepi dan bahkan mungkin bisa dibuat untuk berguling-guling di jalan. Inilah fenomena yang terjadi di hari terakhir bulan Ramadhan hingga memasuki bulan Syawal. Mungkin hanya ada segelintir orang yang bertahan di kota-kota semacam Surabaya, dan itupun hanya penduduk asli Surabaya, sedangkan kebanyakannya (terutama di tempat aku tinggal) hanyalah pendatang. Di saat liburan semacam itulah, cling... semua orang dalam sekejap akan sirna. Mungkin keramaian kota tersebut telah berpindah ke desa-desa.

Kesimpulannya, artinya dalam fakta fenomena yang terjadi selama bulan Ramadhan selama ini, bulan Ramadhan dapat terbagi menjadi tiga bagian, yaitu 10 Hari Pertama adalah Keramaian Masjid, 10 Hari Kedua adalah Keramaian Pusat Perbelanjaan, dan 10 Hari Terakhir adalah Waktu Mudik.

Nah, sudah deh, cukup sekian saja artikel yang tidak jelas kali ini. :D Sebelumnya terima kasih karena telah sudi membaca. :D

{ 2 Comments... read them below or Comment }

  1. Benar juga sob
    kurang lebih demikian

    semoga kita selalu istiqomah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin.
      iya, makasih untuk komentarnya. :)

      Hapus

- Copyright © ShadowZ Space - Date A Live - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -