Yang Lagi HOT!

Posted by : JIM Minggu, Juli 31, 2011


Dragon Ball. One Piece. Naruto. Ketiga serial anime ini bisa dibilang paling populer sepanjang masa. Tidak terhitung jumlah fanfic yang mengadu karakter dari ketiga anime ini. Sayangnya, satu-satunya kesempatan bagi gamer untuk mencoba mendapatkan pengalaman ini hanyalah melalui Jump Superstar via Nintendo DS. Tidak puas sekedar Jump Superstar semata, akhirnya Bandai Namco melahirkan game berjudul Battle Stadium D.O.N. (diambil dari akronim ketiga serial di atas). Mungkin tidak sesinting Jump Superstar, tetapi jelas memuaskan dahaga dari fans ketiga serial tersebut!


Karakter-karakter dalam game ini sangat menyerupai karakter aslinya dalam anime. Tidak hanya itu, variasi stagenya juga dibuat semirip mungkin. Anda-anda yang pernah menonton ketiga serial tersebut pasti akan segera familiar dengan tempat-tempat yang ada dalam gamenya. Contohnya untuk serial Naruto ada pada stage hutan terlarang (dan bahkan ada ular raksasa Orochimaru mengejar anda!)


Hal lucu dalam game ini yaitu pada opening sequence. Bayangkan saja. Naruto dan kawan-kawan sedang mau makan ramen kesukaan mereka ketika mendadak sebuah tangan panjang ala karet Luffy mengambil kesemuanya itu. Belum hilang rasa kaget mereka, mendadak muncullah orang yang sudah makan bertumpuk-tumpuk ramen! Goku, Luffy, dan Naruto!
 
Walau mungkin opening-nya cukup lucu, tapi mungkin anda akan cukup kecewa dengan variasi karakter yang hanya. 20 karakter saja? Wah, ini mengecewakan sejujurnya. One Piece mendapat 6 karakter – Naruto juga mendapat 6 karakter dan Dragon Ball mendapat 8 karakter (mungkin karena mereka senior). Ingat kalau game Naruto Narutimate Hero saja bisa memiliki 40 karakter lebih! Seharusnya setidaknya bisa mencapai 30 karakter.
 
Celakanya walau karakternya bervariasi dari tiga anime, tetapi saat dimainkan anda hampir tidak menyadari perbedaan antara mereka. Jurus-jurus tiap karakter memang keluar, tetapi hampir semuanya mirip. Secara keseluruhan, karakter anda memiliki satu tombol serangan normal, dan satu serangan super yang memerlukan power di gauge anda terisi.

Dalam game ini pertarungan dapat dilakukan hingga empat orang sekaligus, jadi ini berita bagus bagi mereka yang memiliki multitap! Pertarungan sinting-sintingan sampai 4 orang sekaligus bisa jadi sangat menarik, adiktif dan seru. Anda bisa bersatu dengan teman anda mengeroyok teman anda yang sedang unggul misalnya. Anda juga bisa saling bunuh-bunuhan sendiri. Semuanya menarik dan variatif. Apalagi stage-stagenya sendiri memang berbeda dan memberi kesan sendiri (ada stage yang bergerak horizontal, vertikal, dan banyak arah lagi!). Untuk menang dalam pertarungan, anda perlu menghantam dan mengambil orb merah milik lawan anda sebanyak mungkin. Mereka yang punya orb terbanyak di akhir pertarungan atau sukses menghabiskan orb semua lawannya akan menjadi pemenang! Dan itu berarti tidak ada yang namanya life gauge di dalam game ini. Karakter yang sudah kehabisan semua orbnya sekalipun masih dapat bertarung selama belum ada karakter yang menguasai semua orb. Lantas ini berarti pertarungan bisa tidak selesai-selesai dong?


Bandai Namco menyadari hal ini dan menambahkan konsep BURST dalam pertarungan. Artinya? Karakter yang mendapatkan mayoritas orb akan mendapatkan kondisi BURST. Dalam kondisi ini bisa dibilang karakter menjadi lebih kuat dari sebelumnya, dan ini jelas memudahkan mereka menguasai alur pertarungan. BURST ini juga diasosiasikan Bandai Namco dengan karakter tertentu. Misalnya Goku dalam mode BURST akan menjadi Super Saiyan!
 
Di Playstation 2 di mana konsep bertarung tawuran ala ini jarang, game ini jelas menjadi penghibur yang menyenangkan untuk dimainkan.
 
Oh, satu kelemahan lain dalam game ini adalah cara mengunlock stage ataupun karakter yang ada. Anda harus menggunakan mesin slot untuk membuka karakter-karakter, dan rahasia yang ada. Aduh, ini benar-benar membuat malas. Anda harus memainkan game yang sama berulang-ulang (dan melakukan tugas-tugas bodoh selama bermain demi mendapat token), demi mengunlock stage dan karakter yang ada (dan percayalah, mengunlock karakter bisa menjadi hal yang sangat bikin frustasi!)
  
Walau begitu, game ini layak dimainkan oleh mereka penggemar berat seri animenya. Maksudku kapan lagi kita bisa menandingkan Zoro dengan Trunks? Kapan lagi Sanji bisa beradu mesum… maksudku jurus dengan Kakashi? Inilah game yang bisa mewujudkan angan-angan tersebut. Hanya saja bagi mereka yang menggemari game fighting, jangan harap game ini akan bisa memuaskan dahaga kalian akan game fighting sungguhan. Ini lebih bertipe seperti alternative fighting yang menyenangkan untuk dimainkan bersama, dari mereka yang tidak terlalu bisa main game, sampai mereka yang jago main game.
 
Kapan lagi karakter-karakter ini bisa anda tandingkan dengan grafis konsol masa kini (instead of grafis ala kadarnya dalam Jump Superstar)?

Game Details
Developer        : Bandai-Namco
Publisher          : Bandai-Namco
Genre               : Alternative Fighting
System             : PS2, Gamecube



Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © ShadowZ Space - Date A Live - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -