Yang Lagi HOT!

Posted by : JIM Minggu, Mei 27, 2012


Assalamu'alaikum Wr. Wb.


Melanjutkan kembali postingan sebelumnya yang telah membahas Hacker dan Cracker secara umum dan juga memperinci tentang penjelasan Hacker. Maka, kali ini saya memperinci penjelasan tentang Cracker.

 


PENGERTIAN

Seperti halnya yang telah saya jelaskan pada postingan sebelumnya mengenai pengertian Cracker ini. Dan tidak ada pengertian tambahan lagi untuk hal ini. Tetapi saya hanya akan mengulang, bahwa Cracker adalah sebutan untuk orang yang mencari kelemahan system, mem-bypass password atau lisensi program komputer, secara sengaja melawan keamanan komputer, men-deface (merubah halaman muka web) milik orang lain bahkan hingga men-delete data orang lain, mencuri data dan umumnya melakukan cracking. Dan semua itu dilakukan untuk kepentingan pribadi dan mencari keuntungan dari system.


SEJARAH MUNCULNYA

Cracker bermula dari seorang Hacker. Cracker muncul setelah kemunculan Hacker, karena pada dasarnya Cracker merupakan seorang Hacker yang kemudian tersesat dan mengikuti hawa nafsunya untuk merugikan orang lain. Sehingga sejarah kemunculannya adalah setelah kemunculan Hacker. Untuk itu, baca terlebih dahulu sejarah kemunculan Hacker.

Setelah kemunculan Hacker tersebut, kemudian pada perkembangan selanjutnya muncul kelompok lain yang menyebut-nyebut diri mereka sebagai hacker, padahal bukan. Mereka ini (terutama para pria dewasa) yang mendapat kepuasan lewat membobol komputer dan mengakali telepon (phreaking). Hacker sejati menyebut orang-orang ini 'Cracker' dan tidak suka bergaul dengan mereka. Hacker sejati memandang Cracker sebagai orang malas, tidak bertanggung jawab, dan tidak terlalu cerdas. Hacker sejati tidak setuju jika dikatakan bahwa dengan menerobos keamanan seseorang telah menjadi Hacker.

Sejak kejahatan-kejahatan pembobolan sistem keamanan itulah, Cracker mulai dikenal. Tetapi bagi masyarakat pada umumnya, mereka masih mengenal Cracker dengan sebutan Hacker. Terlebih, ditambah dengan"dosa" pakar film di hollywood yang membiaskan istilah hacker dan cracker ini. Banyak film yang mengangkat tema hacker dalam sebuah bentuk "penghancuran sistem informasi" yang seharusnya makna itu diterapkan pada seorang Cracker.


HIRARKI/ TINGKATAN

Beda halnya dengan Hacker, Cracker tidak memiliki tingkatan khusus. Karena pada dasarnya, Cracker hanya menerobos, merusak, dan merugikan orang lain.


CIRI-CIRI

1.      Mampu membuat suatu program bagi kepentingan dirinya sendiri dan bersifat destruktif atau merusak dan menjadikannya suatu keuntungan. Sebagia contoh : Virus, Pencurian Kartu Kredit, Kode Warez, Pembobolan Rekening Bank, Pencurian Password E-mail/Web Server.
2.      Bisa berdiri sendiri atau berkelompok dalam bertindak.
3.      Mempunyai website atau channel dalam IRC yang tersembunyi, hanya orang-orang tertentu yang bisa mengaksesnya.
4.      Mempunyai IP address yang tidak bisa dilacak.
5.      Kasus yang paling sering ialah Carding yaitu Pencurian Kartu Kredit, kemudian pembobolan situs dan mengubah segala isinya menjadi berantakan. Sebagai contoh : Yahoo! pernah mengalami kejadian seperti ini sehingga tidak bisa diakses dalam waktu yang lama, kasus klikBCA.com yang paling hangat dibicarakan beberapa waktu yang lalu.


KODE ETIK

Sama halnya tingkatan, Cracker juga tidak memiliki kode etik.


ATURAN MAIN

Hacker sejati akan selalu bertindak berlandaskan kode etik dan aturan main sedang cracker tidak mempunyai kode etik ataupun aturan main karena cracker sifatnya merusak.

{ 2 Comments... read them below or Comment }

  1. alangkah sempurna, bila dibarengi sumber pustaka untuk memperkuat kajiannya, makasih

    BalasHapus
  2. terimakasih atas sarannya

    BalasHapus

- Copyright © ShadowZ Space - Date A Live - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -